Pelatihan Penggunaan Schoology Pada Guru SMA Negeri 9 Samarinda

Authors

  • Nurdin Arifin Program Studi PGSD, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Indonesia
  • Natalia Gita Intan Trinova Program Studi PGSD, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Indonesia
  • Dina Riani Tiku Belo Program Studi PGSD, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11594

Abstract

Kegiatan ini berupaya untuk memberikan pembelajaran yang inovatif dan efisien ditengah pembelajaran secara daring yang terjadi saat ini dikarenakan pandemi COVID-2019. Schoology merupakan salah satu Learning Management System (LMS) yang membantu peserta didik dan pendidik dalam kegiatan belajar mengajar secara daring. Schoology adalah layanan jejaring sosial dan lingkungan pembelajaran virtual untuk institusi sekolah dan pendidikan tinggi yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan berbagi konten akademik. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Samarinda yang dihadiri sebanyak 10 orang guru. Dipilihnya SMA Negeri 9 Samarinda merupakan sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2019 serta sekolah sudah dilengkapi fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar yang dapat memanfaatkan teknologi informasi. Metode dalam kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam empat tahap yakni metde ceramah, diskusi dan tanya jawab, simulasi/praktik, dan evaluasi. Hasil kegiatan pendampingan ini yakni bahwa para peserta pelatihan telah mempunyai kemmpuan dan pengetahuan untuk menggunakan dan mengelola kegiatan pembelajaran dengan menggunakan LMS schoology, para peserta (guru) telah memiliki kelas pembelajaran dengan menggunakan LMS schoology, serta para peserta pelatihan yang merupakan guru telah membuat dan mampu mengembangan konten pembelajaran dengan menggunakan LMS schoology.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Arifin, N., Trinova, N. G. I., & Belo, D. R. T. (2021). Pelatihan Penggunaan Schoology Pada Guru SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 674-680. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11594