Pemanfaatan Media Herbarium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Pondok Pesantren Al Hidayah

  • Revis Asra Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi
  • Asni Johari Program Studi Biologi, FKIP, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Bambang Haryadi Program Studi Biologi, FKIP, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
Keywords: Pemanfaatan Media, Herbarium, Pembelajaran Biologi

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal yang mutlak digunakan dalam proses belajar. Mengajar.Dalam pembelajaran biologi khususnya materi tentang Tumbuhan guru harus dapat memberikan pemahaman dan pengenalan kepada siswa terhadap berbagai jenistumbuhan termasuk tumbuhan herba.Pemanfaatan keanekaragaman tumbuhan yang ada di alam merupakan salah satu solusi yang paling tepat bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal.Penggunaan media pembelajaran herbarium sangat cocok diterapkan di Pondok Pesantren Al-Hidayah, karena begitu padatnya materi yang diajarkan di sekolah tersebut. Herbarium merupakan media pembelajaran yang awet dan dapat tahan lama sehingga dapat memudahkan dalam  penyimpanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Nofita. 2015. Pengembangan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Yogyakarta: UAD.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan, Renika Cipta. Jakarta

Emda A. 2011. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah.Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 12 (1):149-162

Kustandi, C. dan Bambang, S. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Murni P., Muswita, Harlis., U Yelianti Dan W D Kartika. 2015. Lokakarya Pembuatan Herbarium Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Di Man Cendikia Muaro Jambi.Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 30 (2)

Sobirin, M., Isnawati dan Reni, A. 2013. Pengembangan Media Awetan Porifera Untuk Pembelajaran Biologi Kelas X. Jurnal BioEdu 2(1): 19-22.

Sulistyarsi, A. 2010.Penggunaan Media Herbarium dan Insectarium dalamPembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan MIPA 2(1): 3-14.

Susilo, M. J. 2015. Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah.Jurnal Bioedukatika 3(1): 10-15.
Published
2019-06-21
How to Cite
Asra, R., Johari, A., & Haryadi, B. (2019). Pemanfaatan Media Herbarium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Pondok Pesantren Al Hidayah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 41-46. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7008