Introduksi Teknik Branding dan Packaging Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampulabaan di Desa Mekarjaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat

  • Syahmardi Yacob Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Jambi
  • Johannes Johannes Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Jambi
Keywords: Branding, Liberika, Packaging

Abstract

Kopi Liberika Tungkal Komposit (LIBTUKOM) merupakan kopi khas dan ikon parawisata bagi Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kecamatan Betara adalah salah satu kecamatan sentra kopi Libtukom namun hasilnya masih sangat rendah karena seluruh pengolahan kopi masih dilakukan secara tradisional. Akibatnya, produksi yang dapat dipasarkan masih sedikit, atribut-atribut kopi bubuk juga masih sangat simple. Keadaan ini menyebabkan pemasaran hanya di sekitar Kabupaten ini. Sedangkan Program pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan hasil kopi dari aspek hulu dan hilir di pusatkan di kecamatan ini. Sesuai dengan itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini akan dilaksanakan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Betara, pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kopi Sri Utomo dan Sido Muncul. Branding dan Packaging, merupakan suatu hal yang sangat krusial bagi suatu produk untuk dipasarkan secara komersil. Teknik pemberian Branding dan packaging yang baik tentunya akan memberi daya ungkit dalam upaya meningkatkan kemampuan laba bagi suatu produk. Berkaitan dengan hal tersebut, KUB Kopi Sri Utomo dan Sido Muncul diberikan pemahaman dan pengetahuan untuk teknik Branding dan Packaging produk kopi liberika yang mereka hasilkan. Saat ini walaupun telah diberikan merek dan kemasan, namun masih sederhana dan tidak memberikan awareness yang kuat di benak konsumen penikmat kopi baik yang ada di Jambi maupun di luar Jambi, padahal dari sisi kualitas produk kopi liberika yang dihasilkan cukup memiliki rasa yang unik dan berbeda dari jenis kopi yang sudah ada. Selain masalah produksi yang telah disebutkan sebelumnya juga masalah pemasaran terutama atribut kopi yang sangat simple, sehingga telah dilakukan pendampingan secara inhouse training tentang teknik branding dan packaging untuk memberikan nilai yang lebih dalam meningkatkan kemampuanlabaan bagi kedua KUB Kopi Sri Utoma dan Sido Muncul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, (2017), 5 Strategi Meningkatkan Daya Saing UKM, http://womanpreneur-community.com/blog/5-strategi- meningkatkan-daya-saing-ukm/ Akses tanggal 3 November 2017

Anonim, 2017. Kemasan Kopi Kedap Udara Bantu Pertahankan Kualitas Rasa https://bisnisukm.com/kemasan-kopi- kedap-udara-bantu-pertahankan-kualitas-rasa.html,akses tanggal 4 November 2017

Buchari Alma. (2007), Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta. Carter

Biro Pusat Statistik . (2013). Tanjung Jabung Barat Dalam Angka.

BAPPEDA, (2012).Hasil Survey Penduduk Miskin Tanjung Jabung Barat.Badan Pemerintah Daerah,Kabupaten TanjungJabung Barat.

Cahyorini & Rusfian. (2011). The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization , 11-21

Gondokusumo, Ryan (2017). Pentingnya Branding dan Desain Kemasan Untuk Produk Usaha Kecil, http://blog.sribu.com/5-alasan-pentingnya-branding-dan-kemasan-untuk-produk-usaha-kecil/ akses tanggal 3 November 2017

Kotler, P. & Keller. (2014). Marketing Ma nagement 14th. Person Publishing, New Jersey.

Liwa, Irrubai, Mohammad Liwa Irrubai,(2016), Strategi labeling, packaging dan marketing produk hasil industri rumah tangga, SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3 (1), 17-26

Marianne Rosner Klimchuk, & Sandra A. Krasovec. (2007). Desain Kemasan. Jakarta

Nilsson, Johan & Ostrom, Tobias. (2005). Packaging as a Brand Communication Vehicle . Thesis of Lulea University of Technology.

Pinya Silayoi, Mark Speece, (2005) "Packaging and purchase decisions: An exploratory study on the impact of involvement level and time pressure", British Food Journal, Vol. 106 Issue: 8, pp.607-628, https://doi.org/10.1108/00070700410553602
Published
2019-06-21
How to Cite
Yacob, S., & Johannes, J. (2019). Introduksi Teknik Branding dan Packaging Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampulabaan di Desa Mekarjaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7001