This is an outdated version published on 2018-12-31. Read the most recent version.

Pengembangan Media Pemasaran (Website) Produk Pertanian di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Muaro Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v2i2.6088

Keywords:

Website, Produk Pertanian, Kelompok Tani, PPL

Abstract

Desa Tangkit baru merupakan salah satu desa agropolitan yang sangat potensial dalam pengembangan produk pertanian. Potensi sumber daya lahan yang mendukung untuk penanaman tanaman hortikultura seperti nanas dan rambutan serta didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki pemikiran maju dan senantiasa kreatif menciptakan produk olahan pertaniannya membuat desa ini sangat terkenal sebagai desa yang maju. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya akses informasi terutama dalam hal memasarkan produk pertanian. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) adalah mengembangkan media pemasaran produk pertanian (website) agar dapat digunakan petani dan PPL (Penyuluh Pertanian Lapang) dalam membantu mencari informasi pertanian dan memasarkan produk pertanian. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini dimulai survey, analisis kebutuhan audiens, pembuatan rancangan sesuai dengan analisis audiens, uji coba media, pengembangan media pemasaran website, sosialisasi, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Pada kegiatan survey dan analisis audiens, pembuatan rancangan media pemasaran website, uji coba oleh tim pakar, pengembangan media yaitu kegiatan revisi media berdasarkan penilaian dari tim pakar, sosialisasi dan pelatihan, monitoring penggunaan website oleh petani dan PPL serta evaluasi kegiatan. Target kegiatan pengabdian pengembangan media pemasaran website ini yaitu petani yang diwakili oleh ketua kelompok tani dan PPL di Kecamatan Sungai Gelam agar mampu menggunakan website tersebut dalam mengakses informasi produk pertanian dan memasarkannya melalui website. Website yang telah dirancang akan didaftarkan pada situs web sehingga petani dan PPL dapat mengakses dimana dan kapan saja mereka berada. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah : (1) Mendorong pihak pemegang keputusan (Kepala Dinas pertanian, Kepala Balai penyuluhan pertanian dan Kepala desa) untuk senantiasa mendorong dan memberikan fasilitas peralatan yang lebih menunjang dalam pengembangan jaringan teknologi informasi pertanian untuk masuk ke desa sehingga mudah diakses oleh petani, (2) Dengan masukkan internet ke desa dan adanya ketrampilan petani dalam menggunakan intenet melalui media rancangan media website dapat memberikan peluang yang besar bagi petani dalam memperluas wawasan dan akses pemasaran ke luar daerah Provinsi Jambi, (3) Menumbuhkan kesadaran, semangat dan motivasi petani dalam memproduksi produk pertanian dan hasil olahannya dan membantu pekerjaan PPL karena adanya variasi metode dalam penyampaian materi penyuluhan yang dapat menggunakan website dan (4) Produk Media pemasaran produk pertanian (website) di desa Tangkit baru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2006. UU RI tentang Penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan No. 16 tahun 2006.
Purbo. OW.2000. TCP/IP. Buku Pintar internet. Standar, Desain dan Implementasi. Bandung: Elex Media computindo dengan Computer Network Research Group Institut Teknologi Bandung
Nurfathiyah, P. 2006. Pengaruh Visualisasi dan Bentuk Narasi pada Multimedia berbasis web terhadap peningkatan petani di desa tangkit baru. Tesis IPB
Saleh. AR, 2003. Internet untuk Pertanian. Majalah Agribisnis. Lembaga Hasil Sumberdaya Informasi IPB. Bogor : IPB
Waterworth J. 2001. Multimedia technology and aplication. New York: Elis Horwood LTD.
www.bbppbatu.bppsdmp.deptan.go.id, 20014. Peranan Internet di Bidang Pertanian. Artikel Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu

Downloads

Published

2018-12-31

Versions

How to Cite

Pengembangan Media Pemasaran (Website) Produk Pertanian di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Muaro Jambi. (2018). Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(2), 112-123. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i2.6088