Penerapan Inovasi Termometer Gas Sebagai Media Pembelajaran Fisika di SMAN 3 dan SMAN 5 Sungai Penuh

Authors

  • Tugiyo Aminoto FKIP Universitas Jambi, Indonesia
  • Rahma Dani FKIP Universitas Jambi, Indonesia
  • Neneng Lestari FKIP, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9817

Abstract

Tidak tersedianya alat praktikum termometer gas di SMAN 3 dan SMAN 5  Sungai Penuh kecamatan Hamparan Rawanng Jambi menyebabkan kurang optimalnya proses pembelajaran fisika pada konsep skala suhu mutlak di kedua SMA tersebut. Program pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan alat termometer gas yang telah dihasilkan dari penelitian lab fisika FKIP universitas Jambi tahun 2018. Program pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan tahapan studi pendahuluan yang berisi analisis situasi dan permasalahan mitra yaitu kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan alat pratikum dan tidak tersedianya alat praktikum termometer gas. Program pelatihan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dalam pembejaran fisika dan penerapan alat termometer gas sebagai media pembelajaran menjadi solusi dari permasalahan mitra. Program ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada guru fisika dan siswa kelas XI dengan tahapan: workshop pendekatan saintifik, demonstrasi alat, percobaan pengambilan data, pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan signifikan pada pemahaman siswa  terhadap konsep skala suhu mutlak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Aminoto, T., Dani, R., & Lestari, N. . (2020). Penerapan Inovasi Termometer Gas Sebagai Media Pembelajaran Fisika di SMAN 3 dan SMAN 5 Sungai Penuh. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 54-62. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9817