Pengembangan Stroberi Lokal Organik Di Daerah Wisata Kayu Aro Berbasis Komlikoplusmol

Authors

  • Trias Novita Universitas Jambi
  • Evita Evita Universitas Jambi
  • Jasminarni Jasminarni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v6i2.20837

Keywords:

Stroberi, komlikoplusmol, organik, Kayu Aro

Abstract

ABSTRAK

Wilayah Kecamatan Kayu Aro sangat cocok untuk pengembangan stroberi.  Stroberi lokal sudah mulai langka dan tanaman yang masih ada hidup liar.  Pengetahuan masyarakat tentang pengembangan budidaya stroberi lokal terutama di kelompok mitra PPM masih minim, pengetahuan masyarakat tentang pertanian organik belum ada, tanaman tumbuh tanpa pemupukan dan pemeliharaan yang tepat. Wilayah ini juga berpotensi untuk pengembangan tanaman kopi, limbah kopi dari hasil panen tidak dikelola dengan baik sehingga mencemari udara dan lingkungan, pengetahuan dan penerapan MOL dan komlikoplusmol sebagai pupuk organik limbah kopi pada budidaya tanaman stroberi organik belum ada.  Solusi yang dilakukan dalam kegiatan PPM adalah penerapan IPTEK melalui kegiatan diskusi, pelatihan, pendampingan, praktek dan demplot. Lokasi kegiatan di Desa Koto Periang Kecamatan Kayu Aro.  Kegiatan yang diterapkan adalah : pengolahan limbah kopi menjadi komlikoplusmol, pengolahan limbah kopi menjadi MOL, pelatihan, praktek dan demplot budidaya tanaman stroberi lokal secara organik yang memanfaatkan MOL dan komlikoplusmol, penanaman dilakukan secara vertikultur untuk menata lingkungan dan kelestarian lingkungan.  Kesimpulan kegiatan adalah : produk MOL sebagai dekomposer dan komlikoplusmol sebagai pupuk organik yang dimanfaatkan dalam pengembangan budidaya stroberi dapat meningkatkan pertumbuhan, perkembangan dan produksi stroberi lokal yang sudah mulai langka, produk yang diperoleh adalah buah stroberi organik, adanya peningkatan penghasilan, kualitas dan kuantitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyani, N. K dan N.N. Soniari. 2016. Analisis Kualitas Larutan Mikroorganisme Lokal (MOL) Bonggol Pisang. Jurnal Agroteknologi Tropika 5(1): 63-72.

Dinas Pekerjaan Umum. 2020. Profil Kabupaten Kerinci Tahun 2016-2020. Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Gunawan dan L. Winata 1996. Stroberi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Juanda, J., I. Irfan, dan N. Nurdiana. 2011. Pegaruh Metode dan Lama Fermentasi Terhadap Mutu MOL

(Mikroorganisme Lokal). Jurnal Floratek 6: 140-144.

Ni’matillah, ZA., H. Ashari, R. Soelistyono dan N. Herlina. 2014. Pengaruh Macam Bahan Tanam pada Pertumbuhan dan Hasil Tiga Varietas Stroberi (Fragaria Sp.). Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika Malang. Jurnal Produksi Tanaman. Volume 2 Nomor 2.

Sutanto, R. 2002. Penerapan Pertanian Organik. Kanisius. Yogyakarta.

Tandisau, P., dan Herniwati. 2011. Prinsip dasar pengembangan pertanian organic. Buletin Nomor 5 Tahun 2011, Published: 26 April 2018. BPTP Sulawesi Selatan.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Novita, T., Evita, E., & Jasminarni, J. (2022). Pengembangan Stroberi Lokal Organik Di Daerah Wisata Kayu Aro Berbasis Komlikoplusmol. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 385-396. https://doi.org/10.22437/jkam.v6i2.20837

Most read articles by the same author(s)