Digital Marketing Sebagai Pendukung Sociopreneur UMKM Kuliner di Surabaya

Authors

  • Mustika Winedar Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo, Indonesia
  • Alvy Mulyaning Tyas Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo, Indonesia
  • Jajuk Suprijati Program Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v6i2.20243

Abstract

Tingginya penetrasi internet di Indonesia dan kecepatan perkembangannya, merupakan lingkungan yang cocok untuk dikembangkan bisnis berbasis digital. Tujuan program Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah menerapkan digital marketing untuk mendukung sociopreneur UMKM kuliner Pawon Mbak Yanti dalam menjalankan peran menekan tingkat pengangguran. Dengan fokus pada penerapan social media marketing untuk mendongkrak penjualan, program ini mentransfer knowledge dan skill kepada mitra menggunakan metode training, coaching, mentoring, dan consulting. Diharapkan program ini dapat membantu memecahkan permasalahan mitra yang bergerak dibidang produksi sambel ikan klotok, yaitu kurangnya kesadaran dan motivasi pelaku usaha/mitra untuk mengembangkan usaha secara lebih profesional. Kurangnya inovasi dibidang pemasaran karena kurangnya ketrampilan pengelolaan social media marketing. Dan terhambatnya pencapaian target volume usaha akibat ketatnya persaingan bisnis kuliner. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, solusi jangka pendek yang ditawarkan meliputi, mendorong penggunaan social media untuk mempromosikan produk, dan menciptakan inovasi produk. Sedangkan solusi jangka panjang mendorong kemandirian ekonomi mitra dan peningkatan kebermanfaatan bagi lingkungan sosial/sociopreneurship. Hasil dari program ini UMKM Pawon Mbak Yanti berhasil memiliki akun media sosial Instagram yang difungsikan sebagai sarana pemasaran. Mitra mampu mengoperasikan akun media sosial dengan cara rutin mengunggah konten yang menginformasikan produk. Mitra mampu melakukan pencatatan akuntansi dan membuat laporan keuangan sederhana. Dan peningkatan penjualan mitra sebagai imbas peningkatan aktivitas mitra mempromosikan produknya di media sosial.berupa peningkatan pemahaman mitra tentang digital marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Winedar, M., Tyas, A. M., & Suprijati, J. . (2022). Digital Marketing Sebagai Pendukung Sociopreneur UMKM Kuliner di Surabaya. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 226-236. https://doi.org/10.22437/jkam.v6i2.20243