Penggunaan Portofolio Digital Untuk Mendorong Pembelajaran Refleksi dan Mandiri

Authors

  • Bunga Ayu Wulandari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Rosinta Norawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Indri Anastasia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Ahmad Ridha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Reny Heryanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16220

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini memberikan penyuluhan dan bimbingan penggunaan portofolio digital dengan aplikasi Padlet kepada guru-guru di SMA Negeri 6 Merangin. Alasan yang mendasari tim pengabdian untuk melakukan kegiatan ini adalah karena setelah tim pengabdian berdiskusi dengan salah satu wakil kepala sekolah di SMA Negeri 6 Merangin disimpulkan bahwa guru-guru di sekolah ini masih sangat memerlukan bimbingan penggunaan media digital. Ditambah lagi selama masa pandemic Covid 19 ini guru dan siswa mengalami kesulitan untuk tetap berinteraksi secara efektif. Guru seringkali sulit untuk membuat siswa tetap bersemangat dalam belajar. Sehingga diperlukan media yang dapat menjadikan murid tetap belajar sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan oleh kurikulum dan guru tetap bisa melihat perkembangan belajar siswa. Salah satu alternatif untuk tetap bisa melihat kemajuan perkembangan pembelajaran siswa adalah melalui portofolio digital atau e-portofolio.  Oleh karena itu, kegiatan penelitian ini berpotensi membantu guru untuk menambah alternatif media pembelajaran selama masa pandemik agar kegiatan pembelajaran siswa diusahakan tetap efektif dan interaktif. Diharapkan dengan adanya penggunaan portofolio digital baik guru maupun siswa dalam melihat dan mengevaluasi perkembangan hasil belajar. Yang pada akhirnya dapat memaksimalkan pencapaian pembelajaran siswa.     

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Wulandari, B. A., Norawati, R., Anastasia, I. ., Ridha, A., & Heryanti, R. (2021). Penggunaan Portofolio Digital Untuk Mendorong Pembelajaran Refleksi dan Mandiri. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 356-362. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16220