Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi penggunaan Metode Demonstrasi secara effektif dalam meningkatkan keterampilan  siswa dalam pembelajaran Teknik Permesinan, khususnya tentang pengoperasian mesin bubut Penelitian dilaksanakan bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2015 di SMK Negeri 3 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus ,setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dilihat dari pemahaman konsep, keaktifan dan penurunan kebiasanaan negative siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan, lembaran sikap  dan penilaian hasil unjuk kerja di bengkel yang mengamati aspek keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hasil penilaian telah mencapai indikator yang diharapkan pada siklus tiga, yaitu nilai hasil unjuk kerja adalah  80 %, keaktifan siswa 78 %,kedisiplinan siswa mencapai 84 %, siswa yang mampu menyelesaikan tugas dengan tepat waktu 75 % dengan nilai rata-rata  komulatif siswa adalah 83 dan siswa yang tuntas adalah 15 siswa, sedangkan yang tidak tuntas hanya 5 siswa. Hasil tersebut diperoleh dengan menggunakan strategi sebagai berikut :1. Mengajukan pertanyaan awal pada siswa dari tiap kelompok di awal percobaan, 2. Meningkatkan frekuensi tanya jawab pada pemantauan,         3. Membagikan lembar kerja atau job sheet kepada  siswa untuk membantu mempermudah siswa melakukan pemahaman siswa dalam menyelesaikan tugas, 4. Menilai keaktifan siswa dan memberi tahu hasilnya tiap percobaan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan prosedur metode demonstrasi yang tepat dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran teknik pemesinan khususnya teknik permesinan bubut komplek.