Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gaya Kognitif Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.22437/jiituj.v2i2.5988Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Konvensional, Gaya Kognitif dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa, korelasi antara gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa, dan pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII (Delapan) SMP Negeri 7 Kerinci tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian eksperimen semu dengan menerapkan desain faktorial 2 × 2. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 7 Kerinci Kelas VIII Semeseter genap tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 32 orang siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua macam instrumen yakni intrumen Group Embedded Figures Test (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif siswa dan instrumen tes hasil belajar matematika siswa dalam bentuk essay. Hasil analisis data dan uji statistik menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dan gaya kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, terdapat korelasi antara gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru, khususnya guru matematika agar penerapan model pembelajaran berbasis masalah dikembangkan sebagai satu inovasi dalam proses belajar mengajar.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-12-13 (1)
- 2018-12-13 (1)