Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality "PRIARMIKA"

Authors

  • I Kadek Mahada Putra Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara
  • Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara
  • I Putu Satwika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11600

Abstract

Pada penelitian ini membahas tentang rancang bangun aplikasi Android dengan menggunakan teknologi augmented reality yang digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 5 Mengwi. Aplikasi yang diberi nama PRIARMIKA (Primakara Augmented Reality Endemic Application) menjelaskan tentang deskripsi hewan endemik yang ditampilkan dalam bentuk 3D. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) versi Luther – Sutopo yang terdiri dari enam tahap diantaranya: 1) Concept, 2) Design, 3) Meterial Collecting, 4) Assembly, 5) Testing, 6) Distribution.  Aplikasi PRIARMIKA akan divalidasi oleh 3 ahli validator yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Pengujian aplikasi dilakukan pada kelas VIII SMPN 5 Mengwi sebanyak 28 siswa dan 1 guru Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa rancang bangun aplikasi augmented reality PRIARMIKA berbasis Android layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris kelas VIII di SMPN 5 Mengwi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Putra, I. K. M. ., Astawa, N. L. P. N. S. P., & Satwika, I. P. . (2020). Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality "PRIARMIKA". Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 110-122. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11600

Most read articles by the same author(s)