PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2022

Authors

  • Dicko Dinantianto students
  • Rico Wijaya Universitas Jambi
  • Erwati Universitas Jambi

Keywords:

profitability, company size, Leverage, company value

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris pengaruh profitabilitas, Leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga berdasarkan kriteria pemilihan sampel perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 90 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (2) Leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-02-10

How to Cite

Dinantianto, D., Wijaya, R., & Erwati, . (2025). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2022. Jambi Accounting Review (JAR), 5(2), 52 - 63. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/JAR/article/view/36043

Most read articles by the same author(s)