PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2022

Penulis

  • Dicko Dinantianto students
  • Rico Wijaya Universitas Jambi
  • Erwati Universitas Jambi

Kata Kunci:

profitabilitas, ukuran perusahaan, Leverage, nilai perusahaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris pengaruh profitabilitas, Leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga berdasarkan kriteria pemilihan sampel perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 90 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (2) Leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-10

Cara Mengutip

Dinantianto, D., Wijaya, R., & Erwati, . (2025). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2022. Jambi Accounting Review (JAR), 5(2), 52 - 63. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/JAR/article/view/36043

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama