PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019
Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Nilai Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.22437/jar.v5i1.31797Keywords:
Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2017-2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia yang berjumlah 55 perusahaan sampai dengan tahun 2019. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 27 perusahaan dengan periode pengamatan 3 tahun sehingga menghasilkan 74 data penelitian. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program software SPSS versi 20.
Hasil penelitian mengenai pengaruh profitabilitas dan leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan likuiditas tidak berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan profitabilitas, likuiditas, dan leverage secara simultan berpengaruh positif signifikan..
Kata Kunci : Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Nilai Perusahaan