PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019

Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Nilai Perusahaan

Penulis

  • Fitri astuti Fitri astuti Universitas jambi
  • Rico Wijaya Universitas Jambi
  • Riski Hernando Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jar.v5i1.31797

Kata Kunci:

Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Nilai Perusahaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2017-2019.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia yang berjumlah 55 perusahaan sampai dengan tahun 2019. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 27 perusahaan dengan periode pengamatan 3 tahun sehingga menghasilkan 74 data penelitian. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program software SPSS versi 20.

Hasil penelitian mengenai pengaruh profitabilitas dan leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan likuiditas tidak berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan profitabilitas, likuiditas, dan leverage secara simultan berpengaruh positif signifikan..

Kata Kunci : Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Nilai Perusahaan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-10-21

Cara Mengutip

Fitri astuti, F. astuti, Wijaya, R., & Hernando, R. (2024). PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019: Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Nilai Perusahaan. Jambi Accounting Review (JAR), 5(1), 35 - 48. https://doi.org/10.22437/jar.v5i1.31797

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama