ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN UNTUK MELAKUKAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2021

Authors

  • Amirah Salwa Universitas Jambi
  • Ilham Wahyudi Universitas Jambi
  • Fredy Olimsar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jar.v5i1.34208

Keywords:

Transfer Pricing, tunneling incentive, CETR, ROA, DER

Abstract

This study aims to empirically prove the effect of profitability, leverage, and tunneling incentive on the Company's decision to transfer pricing in manufacturing companies in the consumer non-cyclicals sector on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2021. The independent variables in this study were profitability, leverage, and tunneling incentive. While the dependent variable is transfer pricing which is measured using the CETR proxies. The sample used in this study is a consumer non-cyclicals sector manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange obtained as many as 16 companies. The analysis method in this study is simple linear regression. The results showed that variable profitability and tunneling incentive partially had a significant positive effect on transfer pricing. While leverage partially does not have a significant effect on transfer pricing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananta, M. C. A. (2018). Analisis Pengaruh pajak, Multinasionalitas, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Praktik Transfer pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2016). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Anisyah, F. (2018). Pengaruh Beban Pajak, Intangible Assets, Profitabilitas, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing. JOM FEB, 1(1), 1–14.

Atika, Darminto, & Handayani, S. R. (2013). Pengaruh Beberapa Rasio Keuangan terhadap Prediksi Kondisi Financial Distrss. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 4(3), 1–12.

Badjuri, A. (2011). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kualitas Audit Auditor Independen pada Kantor Akuntan Publik (KAP).

Brealey, Myears, & Marcus. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan (Edisi Keli). Erlangga. Jakarta.

Deanti, L. R. (2017). Pengaruh Pajak, Intangible Assets, Leverage, Profitabilitas, dan Tunelling incentive terhadap Keputusan Transfer Pricing. Skripsi S1. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariet dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi Ke-8). Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi Ke-9). Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanlon, M., & Heitzman, S. (2010). A review of tax research. Journal of Accounting and Economics, 50(2–3), 127–178.

Hartati, W., Desmiyawati, & Azlina, N. (2014). Analisis Pengaruh Pajak dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing. Simposium Nasional Akuntansi XVII Mataram, 24–27.

Kamilah, A. (2016). Transfer Pricing Perusahaan Multinasional di Sektor Pajak.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Khotimah, K. (2020). Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Transfering Pricing dengan Kepemilikan Asing Sebagai Variabel Moderasi.

Mispiyanti. (2015). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer pricing. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 16, 62–73.

Mutamimah. (2008). Tunneling atau Value Added dalam Strategi Marger dan Akuisisi di Indonesia. Manajemen & Bisnis, 7(1).

Nugraha, A. K. (2016). Analisis Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Perusahaan Multinasional yang Listing di Bursa Efek Indonesia.

Oktamawati, M. (2017). Pengaruh Karakter Eksekutif, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, dan Profitabilitas terhadap Tax Avoidance.

Pramana, A. H. (2014). Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling Incentive, dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Sripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisinis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Puspita, D., & Febrianti, M. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Akunransi.

Richardson, G., Taylor, G., & Lanis, R. (2013). Determinants of Transfer Pricing Aggressiveness: Empirical Evidence From Australian Firms. Journal of Contemporary Accounting & Economics, 9(2), 136–150.

Richardson, Grant, Taylor, G., & Lanis, R. (2013). Determinants Of transfer pricing aggressiveness: Empirical evidence from Australian firms. Journal Of Contemporary Accounting & Economics, 9.

Rosa, R., Andini, R., & Raharjo, K. (2017). Pengaruh pajak, Tunneling Insentive, Mekanisme Bonus, Debt Covenant, dan Good Corporate Gorvenance (GCG) Terhadap Transaksi Transfer pricing.

Santoso, I. (2004). Advance Pricing Agreement dan Problematika Transfer Pricing dari Perspektif Perpajakan Indonesia. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 6(2).

Saraswati, G. A. R. S., & Surjana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi, 19(2).

Saraswati, & Sujana. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19.2.

Sari, E. P., & Mubarok, A. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Pajak dan Debt Covenant Terhadap Transfer Pricing.

Sari, N., Luthan, E., & Syafriyen, N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional. dan Ukuran Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014-2018.

Sari, S. r, Astuti, T. p, & Suseno, A. e. (2017). Kepemilikan Keluarga dan Tindakan pajak Agresif. Procedings Simposium Nasional Akuntansi.

Sefty, S. (2017). Pengaruh Exchange Rate, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sudarmadji, Murdoko, A., & Sularto, L. (2007). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverge, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan.

Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Suwiknyo, E. (2018). Kasus Transfer Pricing Meningkat. Bisnis.Cpm.

Wafiroh, N. L. (2014). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wafiroh, N. L., & Hapsari, N. N. (2016). Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi, 6.

Widyastuti, I. (2011). Aspek Perpajakan dalam Praktik Transfer Pricing. Jurnal Ekonomi Bisnis & Perbankan, 19(15).

Published

2024-10-21

How to Cite

Salwa, A., Wahyudi, I., & Olimsar, F. (2024). ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN UNTUK MELAKUKAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2021. Jambi Accounting Review (JAR), 5(1), 23 - 34. https://doi.org/10.22437/jar.v5i1.34208

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>