ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA RAWAT JALAN (STUDI KASUS DI RSU NURDIN HAMZAH KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR)

Authors

  • Misti Mardiana Alumni Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia
  • Ilham Wahyudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia
  • Yuliusman Yuliusman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi - Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jar.v3i3.17481

Keywords:

Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Pelayanan

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi merupakan suatu alat yang menggabungkan teknologi dengan informasi yang dirancang untuk membantu dalam mengelola serta mengendalikan segala aktivitas organisasi yang terkait dengan administrasi sampai dengan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sistem informasi akuntansi dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada RSU Nurdin Hamzah Kabupaten Tanjung Jabung Timur sudah terlaksana secara efektif. Penelitian ini merupakan penelitian primer yang dilakukan langsung oleh peneliti pada objek penelitian yaitu RSU Nurdin Hamzah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan dengan pertimbangan tertentu berjumlah sebanyak 50 reponden. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif, uji validitas, uji reliabelitas dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Sistem Informasi Akuntansi di RSU Nurdin Hamzah Kabupaten Tanjung Jabung Timur berpengaruh signifikan dan telah terlaksana secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, S. M., & Pratomo, D. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kuaitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi ( Studi Pada Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung). E-Proceeding of Management, 3(1), 1516–1522.

Dewi, A., Afrizal, A., & Wahyudi, I. (2020). Pengaruh Efisiensi Kerja, Efektifitas Sistem Informasi Akuntansi, Penggunaan Teknologi Informasi dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individual di PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Pos Jambi. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 5(3), 192–202. https://online-journal.unja.ac.id/jaku/article/view/10810

Haerudin, H., & Napisah, L. S. (2018). Analisis Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Klinik Mitra Sehati Cibiru Bandung). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 4 No 2(Juli).

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi (Yogyakarta). UPP-STIM YKPN.

Lutfiana, L., Putri, I. M., & Fajriyah, A. N. (2020). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Di Lazis Jateng Cabang Solo. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 3(1), 25. https://doi.org/10.34128/jra.v3i1.47

Marihot Tua Efendi Hariandja. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. In PT Graamedia Widiasarana Indonesia.

Mulyadi, D., Fadli, U. M., & Ningsih, F. C. K. (2019). Analisis Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit Islam Karawang. April 2013.

Muninjaya, A. A. G. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. EGC.

Paulus, A. (2016). Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Atas Pengendalian Internal Pendapatan. Jurnal EMBA, 4(4), 922–931.

Purnamasari, R. (2015). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Informasi Akuntansi Dan Implikasinya Pada Kepuasan Pengguna Akhir (Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten). 1–25.

Rahman, R., Hermansyah, I., & Suherman, M. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Survei Pada Dinas Daerah Kota Tasikmalaya). Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi, 13(1).

Sari, D. P., & Saraswati, E. (2018). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pasien Rumah Sakit (Analisis Pengukuran Kinerja Non Keuangan). Jurnal Akuntansi Dan Teknologi Informasi (JATI), Vol 12.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. CV. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Sistem Akuntansi. Pustaka Baru.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Mardiana, M., Wahyudi, I., & Yuliusman, Y. (2023). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA RAWAT JALAN (STUDI KASUS DI RSU NURDIN HAMZAH KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR). Jambi Accounting Review (JAR), 3(3), 302-313. https://doi.org/10.22437/jar.v3i3.17481

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>