Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Petani Menjual Bokar Melalui Pasar Lelang dan Non Pasar Lelang di Kabupaten Bungo

Authors

  • Ardhyan Saputra jambi university

DOI:

https://doi.org/10.22437/jalow.v1i1.5446

Abstract

Pasar lelang merupakan suatu bentuk pasar yang teratur (organized market), yang ditujukan untuk memperoleh manfaat sosial dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh faktor sosial ekonomi petani dalam menjual bahan olahan karet melalui pasar lelang dan non pasar lelang di Kabupaten Bungo Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada sampel. Responden dalam penelitian ini adalah petani karet yang menjual bahan olahan karet (bokar) ke pasar lelang dan non pasar lelang. Sampel yang diambil berjumlah 97 responden yang diambil secara simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji interaksi dengan menggunakan Linier Probability Model (LPM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor sosial ekonomi yang berpengaruh terhadap keputusan petani dalam menjual bokarnya ke pasar lelang dan non pasar lelang adalah faktor  pengalaman, keterikatan petani dengan pedagang dan harga. Dari tiga faktor yang berpengaruh terhadap keputusan tersebut, keterikatan petani dengan pedagang memiliki probabilita yang  paling  mempengaruhi keputusan petani dalam penjualan bokar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-27 — Updated on 2018-08-27

Versions