Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prilaku Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Jabung Barat
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v6i1.30170Keywords:
Dampak ekstrakurikuler, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap siswa MAN 1 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang bertujuan mendapatkan gambaran faktual dan menyeluruh dari keadaan objek tanpa bermaksud membuat generalisasi. Metode penelitian ini melibatkan penggunaan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai rhitung (0,696) lebih besar daripada rtabel (0,514) pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis awal (H1) diterima sementara hipotesis nol (Ho) ditolak. Selanjutnya, hasil uji T menunjukkan bahwa t hitung (3,936) melebihi t tabel (2,010), memperkuat kesimpulan bahwa terdapat dampak yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler (X) terhadap perilaku siswa dan siswi (Y). Nilai signifikansi uji t (0,004 < 0,05) mengindikasikan dampak yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku siswa dan siswi. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh terhadap perilaku siswa dan siswi di MAN 1 Tanjung Jabung Barat.
Downloads
References
Ahmad, S. (2016).Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Prenada Media Group.
Anisah, G. N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Siswa Dalam Pelanggaran Kedisiplinan Sekolah (Membolos) Di Sma Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Jom Fisip, 8.
Annisa, M. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5: 7286-7291.
Aoyagi, K., Ishii, K., Shibata, A., Arai, H., Fukamachi, H., & Oka, K. (2016). Cooperative Coaching: Benefits to Students in Extracurricular School Sports. Journal of Physical Education and Sport, 16, 806–815.
Arifin, Z., Pendidikan, J., Kesehatan, J., Rekreasi, D., & Keolahragaan, I. (2015). Aktivitas Pemanasan Dan Pendinginan Pada Siswa Ekstrakurikuler Olahraga Di Smp Negeri Se-Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang Info Artikel. Journal of Physical Education, 4(2). 1567-1573.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr.
Amirullah. 2018. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu : 115-116.Arikunto. (2010). Prosedur penelitian. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian. Rineka Cipta.
Aswadi. Amir, Nyak. K. (2015). Penelitian Tentang Perkembangan CabangOlahraga Futsal Di Kota Banda Aceh Tahun 2007-2012.
Bannaru, B. (2017). Latihan Taktik BEYD Bermain Futsal Modern. Cakrawala Cendikia.1-161.
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 2, 105–117.
Inriyani, Y., & Wahjoedi, S. (n.d.). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. 1-7.
Kamra, Y. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Upaya Mengembangkan Lingkungan Pendidikan Yang Religius Di SMP N 13 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. 158-165.
Karim. (2013). Pengaruh keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar Matematika. JPM IAIN Antasari, 1, 1– 8.
Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga Muhibbin, S. (2008). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal Of Sport & Tourism, 3, 48–55.
Putra, R. P., & Kristiyandaru, A. (2020). Manajemen Ekstrakurikuler Olahraga di SMP Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8, 29–35.
Sari, B. S. (2020). Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Moralitas Siswa di SMPN 1 Diwek dan SMPN 2 Jombang. Jurnal Ilmuna, 2. 85- 105.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suparyo. (2017). Pengaruh Pembinaan Ekstrakurikuler dan Ketersediaan Sarana Prasarana Terhadap Pengembangan Olahraga: Studi Pada SMA Negeri Se- Kabupaten Majalengka. Indonesian Journal of Education, 1 : 42-54.
Umar, H. (2005). Metode Riset Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. .
Yanto, A. H., & Rasyono. (2021). Sosialisasi Olahraga yang Aman untuk Menjaga Kebugaran Jasmani pada Masa Pandemi Covid-19 di Club Cricket UNJA. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 10, 99–102.