Minat Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Terhadap Praktik Pembelajaran Olahraga Tenis Meja

Authors

  • Aldi Irlanda Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Reza Hadinata Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Sri Murniati Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/ijssc.v6i1.27094

Keywords:

Minat, Tenis Meja

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat Siswa Sekolah Dasar dalam mengikuti pembelajaran praktik  Tenis Meja. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Terpadu Nurul Balad Desa Mentawak Kecamatan Nalotantan Kabupaten Merangin dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel diambil menggunakan total sampling dengan responden sebanyak 18 siswa dari populasi. Hasil penelitian berdasarkan penentuan kategori penilaian dari skor angket,  Pada dimensi Intrinsik kategori sangat setuju sebanyak 11 orang dengan persentase 61%, kategori setuju sebanyak 7 orang dengan persentase 39%. Pada dimensi Ekstrinsik kategori sangat setuju sebanyak 10 orang dengan persentase 56%, kategori setuju sebanyak 8 orang dengan persentase 44%.  Minat Praktik Pembelajaran Olahraga Tenis Meja Terhadap Siswa sebanyak 7 orang dengan persentase 39%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah minat praktik pembelajaran olahraga tenis meja terhadap siswa SD Kelas VI Islam Terpadu Nurul Balad Desa Mentawak Kecamatan Nalotantan Kabupaten termasuk dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achru, A. P. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2).

Adi, S., & Mu’arifin. (1994). Tenis meja. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Malang. Proyek Koperasi dan Perawatan Fasilitas.

Ardi, S. W., Hartiwan, U., & Pujianto, A. (2013). Pengembangan model pembelajaran tenis meja lantai dalam PENJASORKES pada siswa kelas VI SD Puri Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(3).

Assiddiq, C. R., Safari, I., & Susilawati, D. (2020). Tingkat pengetahuan dan kaitannya terhadap minat dalam keikutsertaan kegiatan unit kerja mahasiswa tenis meja. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2).

Chen, W., Ennis, C. D., & Loftus, S. J. (2017). What works in physical education? In D. Kirk, D. Macdonald, & M. O’Sullivan (Eds.), The handbook of physical education (pp. 593-607). Sage Publications.

Depdiknas. (2003). Permainan tenis meja. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, D. A. N. (2018). Modul uji validitas dan reliabilitas. Universitas Diponegoro.

Erlan, U., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2014). Peningkatan pembelajaran pukulan forehand dalam permainan tenis meja melalui modifikasi alat pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).

Futri. (2022). Minat siswa SD Negeri 44/II Karak Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Bungo terhadap olahraga tenis meja. (Skripsi). Program Studi Kepelatihan Olahraga, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan, FKIP, Universitas Jambi.

Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar siswa MTS kelas VIII dalam pembelajaran matematika melalui aplikasi GeoGebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5).

Hardani, A., Sukmana, D. J., & Andriyani, H. (2020). Buku metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Iqhwal, F. M. (2022). Analisis minat siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Sungai Penuh terhadap olahraga tenis meja. (Skripsi). Program Studi Kepelatihan Olahraga, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi.

Jiang, J., Yan, Y., & Wang, Y. (2022). Benefits of table tennis for physical and mental health: A review. Sports Medicine, 52(1), 91-103.

Kaban, M. U. B. (2019). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 065011 Medan tahun ajaran 2018/2019. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality.

Mahamuddin. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar tenis meja melalui metode pembelajaran terbimbing dan demonstrasi pada siswa kelas VII UPT SMP Negeri 7 Satap Seko. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palopo.

Mardiyanto. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar PJOK materi tenis meja melalui media dinding pada siswa kelas VII.4 SMPN 3 Selat tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(2).

Marleni, L. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Morgan, K., & Carpenter, P. (2020). The role of enjoyment in determining interest in sports. Journal of Sport Behavior, 43(2), 134-148.

Musyafak, S. (2019). Minat siswa kelas 5 di Kecamatan Muntilan terhadap permainan tenis meja tahun ajaran 2019/2020. (Skripsi). Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ozer, D. (2021). Table tennis: Techniques, tactics, and training. Routledge.

Pratama, I. D., Herlambang, T., Kusumawardhana, B., & Royana, I. F. (2020). Go Pong: Media pembelajaran teknik dasar tenis meja berbasis Android. Jendela Olahraga, 5(1).

Purwanto. (2018). Teknik penyusunan instrumen uji validitas dan reliabilitas penelitian ekonomi syariah (1st ed.). Magelang: Staial Press.

Reksoatmodjo, T. N. (2010). Pengembangan kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan. Bandung: Refika Aditama.

Rosalia, H. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat olahraga rekreasi akhir pekan di Alun-Alun Kabupaten Tegal tahun 2019. (Skripsi). Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Safari, I. (2012). Perbandingan hasil belajar teknik dasar pukulan pada permainan tenis meja antara yang langsung menggunakan net dengan tanpa menggunakan net terlebih dahulu. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus UPI Cibiru, 1(2).

Sandy, B., Tahki, K., & Ali, N. (2020). Media pembelajaran servis tenis meja berbasis video tutorial pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Koba. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, 3(1).

Setiawan, W. A. (2020). Minat siswa kelas V SD di Kecamatan Mlati terhadap permainan tenis meja tahun ajaran 2019/2020. (Skripsi). Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Simbolon, A. B., & Hendrawan, D. (2022). Pengaruh minat olahraga terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Dunia Pendidikan, 2(2), 28-32.

Sinaga, D. (2014). Buku ajar statistik dasar. UKI Press.

Singh, J., & Gulati, K. (2019). Introducing table tennis in primary schools: A study of impacts and challenges. Educational Review, 71(4), 429-444.

Soraya, I. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Jakarta dalam mengakses portal media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1).

Sudijono, A. (2015). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen penelitian. Mahameru Press.

Suryabrata, S. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutrisno. (2020). Meningkatkan minat dan hasil belajar TIK materi topologi jaringan dengan media pembelajaran. Wonogiri: Ahli Media Press.

Wijaya, dkk. (2022). Minat sangat dibutuhkan dalam proses belajar. In A. B. Simbolon & D. Hendrawan, Pengaruh minat olahraga terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran pendidikan jasmani (p. 29). Jurnal Dunia Pendidikan, 2(2), 28-32.

Wibawa, K., Wahjoedi, H., & Semarayasa, I. K. (2021). Minat peserta didik dalam berolahraga pada masa pandemi Covid-19 kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, 9(1).

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Irlanda, A., Hadinata, R., & Murniati, S. (2024). Minat Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Terhadap Praktik Pembelajaran Olahraga Tenis Meja. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.22437/ijssc.v6i1.27094