Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari

Authors

  • Muhammad Fhaiz Ramadhan Universitas Jambi
  • Sri Murniati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i2.19579

Keywords:

Keywords: Facilities, Infrastructure and Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari yang berjumlah 3 Madrasah yaitu MTS Negeri 4 Batanghari, MTS Baitul Mubtadi’in dan MTS Nurul Ihsan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan lembar observasi sebagai alat pengambilan data untuk mencatat hasil dari survei yang dilakukan. Hasil penelitian di MTS Negeri 4 Batanghari, dari 23 macam sarana dan prasarana yang diteliti terdapat 13 macam sarana dan prasarana yang sesuai dan 10 macam sarana dan prasarana yang belum sesuai. Jadi, tingkat kesesuaian yang terdapat di MTS Negeri 4 Batanghari adalah 10:23x100%=43%. Hasil penelitian di MTS Baitul Mubtadi’in, dari 23 macam sarana dan prasarana yang diteliti terdapat 8 macam sarana dan prasarana yang sesuai dan 15 macam sarana dan prasarana yang belum sesuai. Jadi, tingkat kesesuaian yang terdapat di MTS Baitul Mubtadi’in adalah 8:23x100%=35%. Hasil penelitian di MTS Nurul Ihsan, dari 23 macam sarana dan prasarana yang diteliti terdapat 23 macam sarana dan prasarana yang sesuai. Jadi, tingkat kesesuaian yang terdapat di MTS Nurul Ihsan adalah 0:23x100%=0%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat diketahui bahwa rata-rata sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Bajubang Kabupaten Muaro Jambi sebesar 26% yang artinya tidak sesuai atau belum memadai untuk pembelajaran pendidikan Jasmani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, B. (2021). Survei Sarana Cabang Olahraga di Jambi Peraih Medali pada PON XIX Jawa Barat 2016: Survey of Sports Facilities in Jambi Medallists at PON XIX West Java 2016. Jurnal Pion, 1(1), 1-11.

Agus S. Suryobroto.(2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Prodi PJKR Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta

Anas, Sudijono. 2007. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada Raju

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Indrayana, B., & Yuliawan, E. (2020). Survei Kelayakan Sarana Dan Prasarana pada 31 Cabang Olahraga Anggota Koni Kota Jambi Peserta Pekan Olahraga Provinsi Jambi Ke-23. Jurnal Prestasi, 4(2), 43-48.

Husdarta, H.J.S. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta.

Moeslim, Mochammad. 1970. Pedoman Mengadjar Olahraga Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Soekatamsi. 1992. Sarana dan Prasarana Olahraga. Surakarta UNS Pers.

Soepartono, 2000. Sarana dan prasarana olahraga. Jakarta: Depdiknas.

. 1999/2000. Sarana dan prasarana olahraga. Departemen pendidikan dan kebudayaan

Suharsimi Arikunto, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: Rineka Cipta

Sukintaka. 2001. “Teori Pendidikan Jasmaniâ€. Solo: Esa Grafika Surakarta: UNS Press.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Ramadhan, M. F. ., & Murniati, S. (2022). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(2), 146-153. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i2.19579