HUBUNGAN ANTARA KARAKTER DEMOKRASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.27828

Kata Kunci:

Democratic Character, Physics, Problem Solving

Abstrak

Karakter demokratis sangat penting untuk dimiliki siswa, salah satu upaya untuk meningkatkan karakter demokratis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu bagaimana hubungan variabel karakter demokratis dengan model pembelajaran Solving pada siswa SMA di Jambi dan Heidelberg pada mata pelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah uji korelasi yang menyatakan hubungan dengan hasil data kurang dari 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara kedua variabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara karakter demokratis siswa dengan model pembelajaran pemecahan masalah siswa. Kebaruan penelitian ini sekaligus menjadi pembeda dengan penelitian sebelumnya yaitu menguji adakah hubungan antara karakter demokratis siswa dengan model pembelajaran pemecahan masalah. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya mendeskripsikan karakter demokrasi berbasis sekolah saja, namun belum dilakukan berdasarkan gender pada masing-masing sekolah. Peneliti menyarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk membandingkan karakteristik demokrasi dan model penyelesaian masalah dengan analisis berdasarkan gender.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amin, A., Alimni, Azzahra, M. Z., & Septi, S. E. (2021). Associative and Comparative Study on Students’ Perseverance and Religious in Islamic Education Subject. Pendidikan Progresif, 11(3), 676–691. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i3

Amin, A., Kurniawan, D. A., Azzahra, M. Z., & Septi, S. E. (2021). Parental Communication Increases Student Learning Motivation in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 5(4), 622–630. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39910

Amin, A., Kurniawan, D. A., Septi, S. E., & Zannah, M. (2021). The Study of Differences and Influences of Teacher Communication and Discipline Characters of Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 622–630. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.39546

Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106–115. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/10392/9331

Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, D. A., Novianti, U., & Parhati, L. N. (2020). Local account analysis that can be integrated into the basic IPS competence in class VI basic school. Journal of Educational and Social Research, 10(5), 66–74. https://doi.org/10.36941/JESR-2020-0088

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SENIOR HIGH SCHOOLN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694

stalini, Darmaji, Kurniawan, D. A., Jaya, H., & Husna, S. M. (2022). Analysis of Teacher Responses to the Use of Web-based Assessment to Assess Students’ Attitudes towards Science Subjects. Integrated Science Education Journal, 3(3), 66–71. https://doi.org/10.37251/isej.v3i3.282

Budiarti, R. S., Kurniawan, D. A., Septi, S. E., & Perdana, R. (2022). Differences and Relationship Between Attitudes and Self Efficacy of Female and Male Students in Science Subjects in Junior High School. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1), 73–88. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i1.21979

Castro, E. A. M. (2023). Analysis of Problem Solving Ability of First Middle School Students in Learning Science. Integrated Science Education Journal, 4(2), 43–53. https://doi.org/10.37251/isej.v4i2.329

Ernawati, M. D., Asrial, Perdana, R., Septi, S. E., & Rahmi. (2021). Evaluation of Students’ Attitudes and Science Process Skills toward Middle School Science Subject in Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 1(2), 258–274. https://doi.org/10.23960/jpp.v1

Jama, I. A. (2023). The Effect of School Leadship on Student’s Academic Achievement: Case Study Bosaso Secondary Schools in Puntland. Journal Evaluation in Education (JEE), 4(1), 36–39. https://doi.org/10.37251/jee.v4i1.291

Kamid, Rohati, Rahmalisa, Y., Anggo, M., Septi, S. E., Azzahra, M. Z., & Nawahdani, A. M. (2021). Engklek Game †in mathematics : How difference and relationship student attitude towards science process skills ? Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(6), 3109–3123. https://doi.org/https://doi.org/10.18844/cjes.v16i6.6500

Kamid, Sofnidar, Septi, S. E., & Citra, Y. D. (2021). The contribution of the traditional game of congklak to mathematics learning: How is the relationship and influence of interest, cooperative character and student responses. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(2), 280–295. https://doi.org/10.25273/pe.v11i2.9995

Kamid, Syaiful, Theis, R., Septi, S. E., & Widodo, R. I. (2021). Traditional “ Congklak †Games and Cooperative Character in Mathematics Larning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 443–451. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37740

Lailah, N., & Tenri, O. (2018). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di SENIOR HIGH SCHOOL Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136–142. http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376

Nursakinah, Histuti, L., Silvia, N., & Sinambela, P. (2022). Identifikasi Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Lingkungan Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 3(3), 80–85. https://doi.org/10.37251/jber.v3i3.266

Putri, M. A., & Simbolon, P. A. . (2022). Model Pembelajaran Problem Solving Dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(3), 87–91. https://doi.org/10.37251/jee.v3i3.263

Syahrial, Asrial, Maison, Mukminin, A., & Kurniawan, D. A. (2020). Ethnoconstructivism analysis: Study of pedagogic mathematics competence of primary school teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 614–624. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20256

Wibowo, F. C., Sanjaya, L. A., Susanti, D., Robby, D. K., Darman, D. R., Brata, W. W. W., Kurniawan, D. A., Aditya, F. P., Ilham, A., Bahtiar, I. R., Adhima, F., Shiddiqy, A. R. A., Widiatmoko, S., & Samsudin, A. (2021). (ISO) Media for improving learning quality using analysis RapidMiner. AIP Conference Proceedings, 2320(March). https://doi.org/10.1063/5.0037556

Yathasya, D., Romadonia, M., Ningsih, I., & Zulkhi, M. D. (2022). Perbandingan Karakter Cinta Tanah Air dan Cinta Damai dalam Pembelajaran IPS. Journal of Basic Education Research, 3(3), 86–90. https://doi.org/10.37251/jber.v3i3.270

Diterbitkan

2023-09-10

Cara Mengutip

Gurbani, Y., Nawahdani, A. M., & Azzahra, M. Z. (2023). HUBUNGAN ANTARA KARAKTER DEMOKRASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 245–252. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.27828