PROFIL GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE BAGI SISWA DI SMAN 6 BORONG
DOI:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i1.19157Kata Kunci:
Profil gaya berpikir, Pemecahan Masalah Fisika, Pembelajaran OnlineAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya berpikir siswa dalam memecahkan masalah fisika melalui pembelajaran online bagi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Borong. Jenis penelitian ini meggunakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Borong yang berjumlah 22 orang. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah profil gaya berpikir siswa dalam memecahkan masalah fisika melalui pembelajaran online. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu angket. Hasil yang didapatkan dari penelitain ini menunjukan bahwa gaya berpikir siswa dalam memecahkan masalah fisika berkategori baik, dengan perolehan presentase setiap indikator yaitu untuk indikator sekuensial konkret berpresentase 67,97% dengan kategori baik, indikator sekuensial abstrak berpresentase 61,65% dengan kategori baik, indikator acak konkret berpresentase 57,95% dengan kategori baik, dan indikator acak abstrak 55,80% dengan kategori cukup. Perolehan persentase rata-rata dari keempat indikator 60,84%. Hal ini menunjukan bahwa gaya berpikir siswa dalam memecahkan masalah fisika di SMA negeri 6 Borong dikategorikan baik.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Buku Aksara.
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifa, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 55–60. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.289
Deno, M. E., Bili, M., Kaleka, U., Harso, A., Studi, P., Fisika, P., & Keguruan, F. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Universitas Flores Pada Masa Pandemik Corona Virus Disease 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110–116. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702
Djupanda, H., Kendek, Y., & Darmadi, I. W. (2015). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(2), 29. https://doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i2.5111
Elsensia, P; Adrianus N; Kaleka, M. (2021). Sudi Kasus Pembelajaran Luar Jaringan Peserta Didik Kelas VII SMPK Christo Regi Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 201–206. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1113
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Lestari, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Kelas Xi Iis 1 Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta Melalui Pembelajaran Sea (Starter Experiment Approach). Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 19(2), 66–76.
Nugroho, S. (2017). Metode Kuantitatif. In UNIB Press.
Putri, E. E., Werdhiana, I. K., & Kamaluddin, K. (2019). Analisis Proses Berpikir Kreatif Menurut Wallas dalam Pemecahan Masalah Fluida Dinamis pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu (Ditinjau dari Adversity Quotient). JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(1), 6. https://doi.org/10.22487/j25805924.2019.v7.i1.12316
Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujarwanto, E., Hidayat, A., & Wartono. (2014). Kemampuan pemecahan masalah fisika pada modeling instruction pada siswa sma kelas xi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 65–78. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2903
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta, PT Bumi Aksara.
Zulhamdi, ., Sibuea, A. M., & Syarifuddin, . (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 99. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11200
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.