PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMAN 11 JAMBI

Authors

  • Tiara Rozana Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Jufrida Jufrida Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Fibrika Rahmat Basuki Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 11 Kota Jambi menggunakan model pembelajaran POE pada materi kalor dan perpindahannya. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 sebanyak 40 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa tes KPS, lembar observasi KPS, keterlaksanaan pembelajaran, dan aktifitas siswa. Teknik analisis data tes KPS dianalisis secara statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Pada siklus I persentase KPS dalam kategori sedang yaitu 68.1. Kendala guru adalah kurang maksimal dalam penyampaian prosedur kegiatan yang akan dilakukan. Solusinya guru harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu agar lebih maksimal dalam penyampaian prosedur pembelajaran. Pada siklus II diperoleh hasil KPS masih pada kategori sedang namun sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu 77.7. Kendala guru adalah kurang tegas dalam menegur siswa yang kurang aktif. Solusinya guru harus lebih memantau kegiatan siswa setiap kelompok. Pada siklus III terlihat adanya peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 89.1 berada dalam kriteria sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-12-15 — Updated on 2018-12-15

Versions

How to Cite

Rozana, T., Jufrida, J., & Basuki, F. R. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMAN 11 JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 66-80. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4541

Most read articles by the same author(s)