تنÙيذ اللعبةالتعليمية "إمالءرسائل الصورة" ÙÙŠ تعليم مادة مبادئ اإلنشاء لطلبةقسم تعليم اللغة العربية بجامعة جامبيالØكومية
Keywords:
Kata kunci: Insya’, Permainan Pembelajaran, Mengisi Pesan GambarAbstract
Abstract
Kompetensi mahasiswa dalam memahami kaidah bahasa Arab
menjadi sangat penting sebab merupakan salah satu tools untuk
dapat menulis yang baik dan benar dengan bahasa Arab.
Sayangnya, kompetensi ini sering kali dianggap momok yang sulit
dipelajari oleh sebagian besar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami
kaidah bahasa Arab sehingga mampu menulis (insya’) dengan baik
dan benar melalui permainan pembelajaran “mengisi pesan
gambar†yang dikenalkan oleh Imam Asrori. Penelitian
dilaksanakan dengan metode eksperimen melalui Control Group
Pretest-Posttest Design pada mahasiswa semester 3 program studi
pendidikan bahasa Arab Universitas Jambi tahun 2022. Data
penelitian dikumpulkan melalui observasi dan tes (pre-test dan
posot-test). Hasil penelitian menunjukkan nilai prosentase sebesar
97,435 yang berarti permainan pembelajaran “mengisi pesan
gambar†telah diimplementasikan dengan sangat baik.