Analisis Kesalahan dalam Membaca Teks Arab Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab

Authors

  • Diyan Rahmayani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Syifa Aisya Fatihah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhammad Dzikrul Maula UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Kisno Umbar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Keywords:

Analisis Kesalahan, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharat Qira'ah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa semester satu dalam maharat qira’ah  khususnya kesalahan yang terletak pada nahwiyahnya serta aspek-aspek yang mempengaruhi timbulnya kesalahan tersebut dan memberikan solusi terhadap permasalan yang terjadi. Solusi yang diberikan oleh penulis dan juga narasumber terhadap permasalahan ini yaitu dengan memperbanyak latihan soal dan literasi berbahasa arab untuk meningkatkan kualitas pemahaman maharat qira’ah.  Jenis kesalahan yang dibahas penulis berfokus pada aspek nahwu. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan oleh peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan metode tes. Subjek oenelitian yang dipiliah merupakn mahasiswa Pendidikan bahasa arab semester satu di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan pada informasi dan data yang telah diperoleh menyatakan bahwa kesalahan pada maharat qira’ah mayoritas terletak pada naibul fa’il, mubtada khabar dan isim isyaroh, dan athaf-ma’thuf. Faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan tersebut diakibatkan oleh kurangnya pemahaman mahasiswa tentang materi yang dipelajari dan kurangnya ketelitian dalam memahami dan mencermati soal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Rahmayani, D., Fatihah, S. A., Maula, M. D., & Umbar, K. (2023). Analisis Kesalahan dalam Membaca Teks Arab Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab . Ad-Dhuha, 4(1), 40-51. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/23033