Analisis Kesalahan dalam Membaca Teks Arab Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab
Keywords:
Analisis Kesalahan, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharat Qira'ahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa semester satu dalam maharat qira’ah khususnya kesalahan yang terletak pada nahwiyahnya serta aspek-aspek yang mempengaruhi timbulnya kesalahan tersebut dan memberikan solusi terhadap permasalan yang terjadi. Solusi yang diberikan oleh penulis dan juga narasumber terhadap permasalahan ini yaitu dengan memperbanyak latihan soal dan literasi berbahasa arab untuk meningkatkan kualitas pemahaman maharat qira’ah. Jenis kesalahan yang dibahas penulis berfokus pada aspek nahwu. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan oleh peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan metode tes. Subjek oenelitian yang dipiliah merupakn mahasiswa Pendidikan bahasa arab semester satu di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan pada informasi dan data yang telah diperoleh menyatakan bahwa kesalahan pada maharat qira’ah mayoritas terletak pada naibul fa’il, mubtada khabar dan isim isyaroh, dan athaf-ma’thuf. Faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan tersebut diakibatkan oleh kurangnya pemahaman mahasiswa tentang materi yang dipelajari dan kurangnya ketelitian dalam memahami dan mencermati soal.