ANALISISKESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MIS IHSANIYAH KELURAHAN LEGOK KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI
Keywords:
analisis, fonologi, bahasa arabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan membaca teks bahasa Arab siswa kelas V MIS Ihsaniyah Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan pembacaan teks bahasa Arab dan upaya untuk menghindarinya pada tataran fonologis. Penelitian kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam proses pengumpulan data. Analisis deskriptif digunakan untuk menguji data. Perubahan fonem MIS Ihsaniyah Kota Jambi dan pengurangan fonem ditemukan menjadi dua jenis kesalahan yang paling umum dalam membaca teks bahasa Arab dalam penelitian ini. Materi pembelajaran yang tidak menarik, ketidakmampuan siswa untuk berkonsentrasi, keyakinan bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit untuk dipelajari, sarana dan prasarana yang tidak memadai, kurangnya dukungan orang tua terhadap pelajaran bahasa Arab dan bahasa ibu serta faktor lingkungan semuanya berkontribusi terhadap kesalahan dalam membaca teks bahasa Arab. Guru telah berupaya membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca teks bahasa Arab, dan menyiapkan sarana dan prasarana sendiri yang belum siap.