Metode Peer Tutoring Dalam Pembelajaran Muhadatsah di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Sungai Gelam Muaro Jambi

Authors

  • Ririn Oktavia Fakultas Keguruan dan Ilmu, Program Studi Pendidikan bahasa Arab Pendidikan Universitas Jambi,

Keywords:

Metode Peer Tutoring, Pembelajaran Muhadatsah.

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana proses metode peer tutoring dalam pembelajaran muhadatsah di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Sungai Gelam Muaro Jambi dan untuk mengetahui Apa saja kelebihan dan kelemahan metodepeer tutoringdalam pembelajaran muhadatsah di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Sungai Gelam Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam riset ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif, tata cara pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil riset ini menampilkan jika analisis metode peer tutoring dalam pembelajaran muhadtasah di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Sungai Gelam Muaro Jambidilakukan sesuai dengan langkah-langkah penerapan metodepeer tutoring yaitu guru membagikan kelompok dengan beranggotakan 3-4 orang dengan beragam kemampuan dan salah satunya sebagai penutor, setelah itu setiap kelompok membuat tugas yang telah diberikan guru dengan sistem kerja kelompok dan tentunya dalam pengawasan guru agar sistem belajar mengajar berjalan sebagaimana mestinya, setelah tugas diselesaikan dalam waktu yang ditentukan maka akan diprensentasikan didepan kelas, dan setelah di presentasikan maka akan dievaluasi oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Oktavia, R. . (2022). Metode Peer Tutoring Dalam Pembelajaran Muhadatsah di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Sungai Gelam Muaro Jambi. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 3(1), 1-9. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/19978