Analisis Metode Mim-Mem (MIMICRY-MEMORIZATION) Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Kiki Riska Marissa Fakultas Keguruan dan Ilmu, Program Studi Pendidikan bahasa Arab Pendidikan Universitas Jambi,

Keywords:

Analisis, Metode, Mimicry Memorization, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode mimicry memorization pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII serta apa saja yang menjadi kelebihan serta kekurangan dari penggunaan metode mimicry memorization ini. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa MTs N 4 Tanjung Jabung Timur. Hasil penelitian menunjukkan dalam penerapan metode mimicry memorization guru menuliskan teks berbahasa Arab di papan tulis lalu guru membacakan nya kemudian siswa meniru ucapan dari guru beberapa kali sampai siswa hapal. Kelebihan dari penerapan metode ini yaitu siswa menjadi lebih aktif, melatih keberanian, memudahkan siswa dalam memahami bahasa Arab, meningkatkan daya ingat, peserta didik bisa melafalkan bahasa Arab sebagaimana yang telah diajarkan oleh guru, peserta didik menjadi lebih konsentrasi dengan pelafalan yang diucapkan oleh guru, keadaan kelas menjadi lebih semangat. Kekurangan metode ini adalah butuh guru yang lebih banyak serta waktu yang lebih lama, Siswa hanya dapat aktif jika diminta oleh pendidik, Pembelajaran ini memerlukaan persiapan yang matang, Kurangnya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.

Downloads

Download data is not yet available.
AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam

Downloads

Published

2022-07-07

How to Cite

Marissa, K. R. (2022). Analisis Metode Mim-Mem (MIMICRY-MEMORIZATION) Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Ad-Dhuha, 3(1), 59-67. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/19418