Efektivitas Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Istima’ Siswa Kelas VIII MTsS Nurul Huda Mendalo

Authors

  • Ardial Pitra Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi

Keywords:

Efektivitas, Peningkatan, Kemampuan Istima

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas media audio visual dalam meningkatkan kemampuan istima’ (maharatul istima’) siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda tahun pelajaran 2020/2021 yang dilakukan di kelas VIII MTsS Nurul Huda melalui aplikasi whatsapp yang dilaksanakan pada bulan Februari 2021. Dalam penelitian ini peneliti mengetahui tingkat kemampuan istima’ (maharatul istima’) siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda dengan cara memberikan tes kepada siswa sebanyak dua kali tes dan diantara tes tersebut terdapat treatment (perlakuan) sebanyak 3 kali, dari tes tersebutlah peneliti mengetahui sejauh mana kemampuan istima’ (maharatul istima’) siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif atau statistik yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan oleh peneliti. Populasi dari peneliatian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda yang berjumlah 16 orang. Sample dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda dikarenakan tidak adanya strata dalam populasi dan jumlah populasi yang sedikit. Hasil yang peneliti peroleh dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan istima’ (maharatul istima’) siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai posttest siswa dibandingkan dengan pretest. Dan dari uji hipotesis peneliti memperoleh hasil uji hipotesis thitung = 10,9375 dan harga ini kemudian dibandingkan dengan ttabel (0,05) dengan df = n-1 = 15 diperoleh 1,7531 dengan demikian t hitung (10,9375 > ttabel (1,7531). Dari hasil tersebut maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. 2009. Eksperimentasi MediaAudio Visual Pada PembelajaranBahasa Arab Dalam PeningkatanMaharatul Istima’. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Islam NegeriSunan Kalijaga.

Alfan, A.S. 2017. Efektivitas Media LaguUntuk meningkatkan KemampuanBerbicara Bahasa Arab. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri

Semarang

Al-Khuli. M. A. 2010. StrategiPembelajaran Bahasa Arab.Yogyakarta: basan Publishing.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Chiyaroh, M. 2017. Efektivitas MediaPembelajaran Aplikasi MacromediaFlash 8 Untuk MeningkatkanKeterampilan Menyimak Bahasa ArabSiswa, Fakultas Bahasa dan Seni, skripsi. Semarang. Universitas NegeriSemarang

Djamarah, S.B. 2006. Guru dan Anak Didikdalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PTRineka Cipta.

Djamarah, SB. Zain, A. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. 2012. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Hanny’s Word. 2013. Media PembellajaranBerbasis Audio Visual. Makalah

Harjanto. 2000. Perencanaan Pengajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hayoko, S. 2009. Efektivitas PemanfaatanMedia Audio Visual SebagaiAlternatif Optimalisasi ModelPembelajaran. JurnalEdukasi@Elektro. 5(1): Hal 1-10.

Hasan. 2017. Keterangan Mengajar BahasaArab Materi Istima’ MenggunakanMedia Lagu. Ittihad Jurnal Kopertais

XI, 15(28): 41.

Jauhari, Q.A. 2018. Pembelajaran MaharahIstima’. Jurnal Tarbiyatuna. 3(1):Hal 131-132.

Latipah. 2020. Interview. ProblematikaSiswa dalam Belajar Bahasa ArabKhususnya Istima’. Jambi. 30 mins.

Mardhiyah..2017..Efektivitas.Penggunaan.Media Pembelajaran Audio VisualTerhadap Motivasi Belajar SejarahKebudayaan Islam.Skripsi..Semarang. UIN.Walisongo.

Mardalis. 2008. Metode Penelitian SuatuPendekatan Proposal. Jakarta: BumiAksara.

Mustofa, A. M. Z. (2020). Taá¹­wÄ«ru MÄdah al-Lughah al-‘Arabiyyah ‘ala AsÄsi al-Ta ‘allum al-Ta ‘Äwuni. Alsina: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1-18.

Nalarati..2018..Efektivitas penerapanmetode demonstrasi dan media audiovisual terhadap pembelajaran bidangstudi PAI dalam menigkatkan

prestasi.belajar siswa. Skripsi.Makassar. UIN Alauddin.

Prastowo, A. 2014. Pengembangan BahanAjar Tematik Tinjauan Teoritis danPraktis. Jakarta: Kencana.

Rusman dkk. 2012. Pembelajaran BerbasisTeknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan desainsystem pembelajaran, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sihab. MQ. 2002. Tafsir Al-Misbah.Jakarta: Lentera Hati.

Sugiyono. 2012. Metode PenelitianPendidikan. Bandung: Al-Fateta.

Sugiyono. 2010. Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta.

Taufik. 2011. Pembelajaran Bahasa ArabMI (Metode Aplikatif & InformatifBerbasis ITC), Surabaya: PMN.

Tho’imah,..Rusydi. A. 2009..AlMahaarot..Al-Lughawiyah:Mustwitatuha,Tadrisuha,Su’uubatuha.Al-Qohiroh:DaarAlFiqriAl-Araby.

AD-DHUHA Journal Of Arabic Education anda Islamic Culture

Downloads

Published

2021-05-05

How to Cite

Pitra, A. (2021). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Istima’ Siswa Kelas VIII MTsS Nurul Huda Mendalo . Ad-Dhuha, 2(1), 51-60. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12787