Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Esai Berbasis Pembelajaran Abad 21 di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Main Article Content

Abstract

Abstrak


Alasan dilakukannya penelitian pengembangan ini karena belum adanya model dengan basis pembelajaran abad 21 yang digunakan oleh mahasiswa untuk mata kuliah menulis esai. Oleh karena itu diperlukannya bahan ajar dengan model pembelajaran berbasis pembelajaran abad 21 untuk mata kuliah menulis esai. Penelitian dan pengembangan yang akan penulis lakukan ini diadopsi dari model ADDIE (Dick & Carey). Berdasarkan validasi ahli, maka penelitian pengembangan bahan ajar menulis esai dari segi materi tergolong valid, dari segi media tergolong valid, dan dari segi bahasa tergolong sangat valid, sehingga bahan ajar ini dapat digunakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif yang dianalisis secara deskriptif-argumentatif yang didasarkan pada teori-teori yang ada untuk mendapatkan hasil kajian. Lalu dengan teknik analisis data kuantitatif meliputi data untuk uji kualitas dan uji keefektivitasan model pembelajaran yang dikembangkan. Selanjutnya untuk mengetahui kualitas model yang dikembangkan, data diambil dari praktisi sebagai observer dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Hasil dan kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: 1) Ppengembangan model pembelajaran valid untuk diterapkan 2) bentuk bahan ajar pembelajaran praktis digunakan 3) model pembelajaran efektif digunakan.


 


Kata Kunci: bahan ajar, pembelajaran abad 21, menulis esai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Esai Berbasis Pembelajaran Abad 21 di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (2020). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(2), 68-78. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/7749
Section
Vol 9 No 2 Desember 2019 Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra