Persepsi Mahasiswa Tentang Pendidikan Karakter pada Buku Teks Reading di Perguruan Tinggi Swasta

Main Article Content

Sesmiyanti Sesmiyanti
Rindilla Antika
Yulmiati Yulmiati

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa eksistensi dari nilai pendidikan karakter pada buku teks yang digunakan pada mata kuliah Reading di STKIP PGRI Sumatera Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana data pada penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah dosen yang telah dan mengajar pada mata kuliah Reading dan mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah tersebut. Objek dari penelitian ini adalah buku teks yang digunakan pada mata kuliah Reading di STKIP PGRI Sumatera Barat. Berdasarkan hasil interview diketahui bahwa buku teks yang digunakan tersebut belum mengandung nilai pendidikan karakter yang harus dipelajari dan dibutuhkan oleh mahasiswa. Buku teks tersebut hanya mengandung sembilan nilai pendidikan karakter dari 18 nilai yang terdapat pada Permendikbud tersebut. Nilai karakter yang terdapat dalam buku teks Reading adalah religius, jujur, kreatif, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku reading yang telah digunakan di jurusan bahasa Inggris di Sumatera Barat belum sepenuhnya mengandung nilai pendidikan karakter.


Kata kunci: Pendidikan karakter, buku teks reading, analisa kebutuhan


 


Abstract


The aim of this research is to analyze the existence of character education which is included in the textbook used in Reading subject at STKIP PGRI Sumatera Barat. This research is qualitative research which the data were collected through interview. Subject of this research is the lecturers who have taught Reading subject and the students who have complied that subject. The object of this research is the textbook used in Reading subject at STKIP PGRI Sumatera Barat. Based on interview results, it is known that the textbook used in Reading subject does not have character education contents which is needed and learnt by the college students. The textbook used only have nine out of eighteen characters mentioned in Permendikbud No49Tahun2014. They are, religius, honest, creative, independent, hardwork, curiosity, fond of reading, social care and responsible.  It can be concluded that the reading textbook used at English Department of STKIP PGRI Sumatera Barat has not indicated the use of characters educational values yet.


Keywords: character education, reading textbook, need analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sesmiyanti, S., Antika, R., & Yulmiati, Y. (2018). Persepsi Mahasiswa Tentang Pendidikan Karakter pada Buku Teks Reading di Perguruan Tinggi Swasta. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(2), 1-19. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/5289
Section
Artikel