Konflik Batin pada Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017: Kasur Tanah dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Indonesia di SMA

Main Article Content

Lutfi Khakim
Nugraheni Eko Wardani
Edy Suryanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kepribadian tokoh utama; (2) konflik batin tokoh utama berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud; dan (3) relevansi hasil analisis kepribadian dan konflik batin tokoh utama dalam kumpulan cerpen pilihan Kompas 2017: Kasur Tanah sebagai bahan ajar apresiasi sastra Indonesia siswa SMA kelas XI. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode analisis dokumen dan wawancara. Validitas data ditulis dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) berdasarkan tiga dimensi watak, yaitu dimensi fisiologis, dimensi sosiologis, dan dimensi psikis, diketahui bahwa tokoh utama dalam kelima cerpen memiliki kepribadian yang berbeda-beda. (2) konflik batin tokoh utama pada kelima cerpen terbagi menjadi dua jenis. Pertama, tokoh utama yang lebih mementingkan aspek ego ketimbang aspek superego. Kedua, tokoh utama yang lebih mengedepankan aspek superego dan mampu menurunkan aspek ego. (3) Hasil dari analisis kerpibadian dan konflik batin tokoh utama relevan dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra Indonesia siswa SMA kelas IX dan telah memenuhi tiga aspek pemelihan bahan ajar, yaitu bahasa, psikologi (perkembangan psikis siswa), dan latar belakang budaya.


The purpose of this study is to describe: (1) the personality of the main character; (2) the main character's inner conflicts based on Sigmund Freud's psychoanalytic theory; and (3) the relevance of the results of the analysis of personality and inner conflicts of the main character in Kompas’ 2017 collection of short stories: Kasur Tanah as teaching material for the appreciation of Indonesian literature for class XI high school students. This research is a descriptive qualitative research using a psychology literature approach. Sources of data are documents and informants. The sampling technique used purposive sampling. Data collection techniques using document analysis and interviews. The validity of the data was written using theory triangulation and source triangulation. Data analysis using an interactive analysis model. The research results can be concluded as follows: (1) based on three character dimensions, namely the physiological dimension, the sociological dimension, and the psychological dimension, it is known that the main character in the five short stories has different personalities. (2) the main character's inner conflicts in the five short stories are divided into two types. First, the main character who is more concerned with the ego aspect than the superego aspect. Second, the main character who prioritizes the superego aspect and is able to reduce the ego aspect. (3) The results of the analysis of personality and inner conflicts of the main character are relevant to be used as teaching materials for appreciation of Indonesian literature for high school students of grade IX and have fulfilled three aspects of learning teaching materials, namely aspects of language, aspects of psychology (psychological development of students), and cultural background.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khakim, L., Wardani, N. E., & Suryanto, E. (2023). Konflik Batin pada Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2017: Kasur Tanah dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Indonesia di SMA. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 10-23. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/23165
Section
Artikel

References

Afriyani, Iin & Hermoyo, Panji R. (2017). Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal STILISTIKA, 10 (1), 62-76.

Aras, Goksen. (2015). Personality and Individual Differences: Literature in Psychology-Psychology in Literature. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 185, 250-257.

Arsanti, Meilan. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo, 1 (2), 71-90.

Endaswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra; Epistemologi, Model, Teori, Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center for Academis Publishing Service).

Faozi, Resti & Qomariyah, U’um. (2020). Nilai Moral pada Antologi Cerpen Kasur Tanah (Cerpen Pilihan Kompas 2017) dan Kelayakannya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA/MA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9 (1), 49-57.

Freud, Sigmund. (2009). Kamus Psikoanalisis. Terjemahan oleh Laila Qodrila. Yogyakarta: e-Nusantara.

Mahayana, Maman S. (2015). Kitab Kritik Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Masyari, Muna. dkk. (2018). Cerpen Pilihan Kompas 2017: Kasur Tanah. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Miles MB., dan Huberman AM. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Minderop, Albertine. (2016). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putri, Ni Putu Y. U. (2016). Analisis Psikologi Sastra Novel Gelombang Laut Jiwa Karya Anta Samsara. E-Jurnal Humanis: Fakultas Sastra dan Budaya Unud, 15 (2), 180-186.

Rahmanto, B. (1988). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Sumardjo, Jakob. (2007). Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. (1993). Prinsip-prinsip Dasar Teori Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. (1994). Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.