Pendidikan Karakter Religius pada Novel Api Tauhid Karangan Habiburrahman El Shirazy

Main Article Content

Mohd. Norma Sampoerno

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendidikan karakter religius di dalam novel Api Tauhid. Adapun tujuan dari Penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendidikan karater religius yang terdapat atau terkandung di dalam novel api tauhid karya Habiburahman El Shirazzy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data novel Api Tauhid serta teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi adapun teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aqidah yang terdiri atas nilai ketauhidan, iman pada takdir Allah, dan iman pada rasul dan nabi Allah. Syariah yang terdiri atas nilai ibadah, siyasah (kemanusiaan), munakahat (aturan hubungan dalam kekeluargaan). Akhlak yang terdiri atas akhlak pada Allah dan akhlak dalam menerima takdir. Semua nilai-nilai yang ditemukan tersebut mengajarkan kita kereligiusan dan bersikap religius. Aqidah, Syariah dan akhlah saling berkaitan satu sama lain. Keimanan seseorang ditunjukkan dengan keyakinan pada ajaran Allah, taat terhadap ajaran agama. Ketaatan terhadap perjanjian antara sesama manusia adalah wujud dari akhlak. Syariah membungkus kedua hal tersebut dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang merepresentasikan keimanan pada Allah dan perbuatan baik pada manusia. Syariah merupakan representasi dari keimanan seseorang. Kepatuhan terhadap aturan agama berbentuk aktifitas-aktifitas ibadah, yang dalam novel Api Tauhid diceritakan secara terperinci dan detail.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sampoerno, M. N. (2022). Pendidikan Karakter Religius pada Novel Api Tauhid Karangan Habiburrahman El Shirazy. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/12691
Section
Artikel

References

Ahmad, A. K. (2018). DEMENSI BUDAYA LOKAL DALAM TRADISI HAUL DAN MAULIDAN BAGI KOMUNITAS SEKARBELA MATARAM. Al-Qalam. https://doi.org/10.31969/alq.v9i2.596

Ahmadi, Salimi, & Noor. (2008). Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam.

Andriani, R., & Nuraini, W. (2019). Analisis Nilai Moral dalam Novel Bara karya Febrialdi Rusdi sebagai Salah Satu Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya.

Ariani. (2013). Penggunaan Buku Penghubung Untuk Pembinaan Akhlak Siswa diSekilah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ukhuwah Banjarmasin.

Azra, Ayumardi, & dkk. (2002). Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum.

Chandra, A. A., Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Religius Novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran Karya Mashdar Zainal: Perspektif Tradisi Islam Nusantara. Jurnal Lektur Keagamaan. https://doi.org/10.31291/jlk.v17i1.681

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Pustaka Pelajar.

Firdaus, F. (2020). Musyawarah Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v4i2.224

Garand, J. C. (2006). The World Book Dictionary. Journal of Policy Analysis and Management.

Gunadi, B. H., & Kurniawan, P. S. (2020). Penerapan Prinsip Habluminallah Dan Habluminannas Sebagai Konsep Pengendalian Internal Pada Pengelolaan Keuangan Masjid. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha.

Imam, R., Wadinah, A., Mulyanto, W., & Kahfi, N. (1996). Nilai-nilai religius dalam sastra Lampung. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Irwan Haryono Sirait. (2019). Wawasan Pendidikan Islam Mengenai Akidah Ibadah dan Akhlak. Idrak.

Istiqomah, F. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i2.1022

KarakaÅŸ, A. C., & Eker, H. H. (2018). The Effects of Itikaf on State-Trait Anger, Intrinsic Religiousness, and Subjective Well-Being. Spiritual Psychology and Counseling. https://doi.org/10.37898/spc.2018.3.2.0044

Kholis, N. (2018). Islamic Education by Badiuzzaman Said Nursi in Secularic Period of Turkey. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v3i2.153-173

Maemunah, U. (2015). NILAI RELIGIUS NOVEL API TAUHID KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA. In SURYA BAHTERA (Vol. 3). Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/2645

Mandra, I. W. (2020). Educational Psychology Aspect in Gaguritan I Jayaprana. Jurnal Penelitian Agama Hindu. https://doi.org/10.25078/jpah.v4i1.1385

Maratun Saadah, I. (2021). Islamic Law Analysis of Criminal Sanctions for Abortion in the Criminal Code: A Call for Reform. Psychology and Education Journal. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1797

Mohammad, D. A. (2010). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mohammad Idris Ramulyo. (2004). Hukum Perkawinan Islam.

Muhrin. (2020). Akhlak Kepada Diri Sendiri. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.

Mustafa. (1999). Akhlak Tasawwuf.

Nurdin, M. (1993). Moral dan Kognisi Islam. Jakarta: Alfabeta.

Nurgiyantoro. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa.

Saefudin, A., Pangestuti, D. N., & Andriyani, S. (2020). ISLAMIC EDUCATION VALUES OF BARIKAN: JAVANESE CULTURAL RITUALS AS A PRACTICE OF ISLAM NUSANTARA. El-HARAKAH (TERAKREDITASI). https://doi.org/10.18860/eh.v22i2.10217

Saryono, P. D. (2019). SASTRA MODERN SEBAGAI WAHANA PEMBELAJARAN MORAL DAN KARAKTER [YANG TERPINGGIRKAN DALAM KURIKULUM 2013]. Jurnal Pembelajaran Sastra. https://doi.org/10.51543/hiskimalang.v1i1.5

Shamad, M. Y. (2017). HUKUM PERNIKAHAN DALAM ISLAM (Wedding Law In Islam). ISTIQRA’.

Siswanto. (2008). Pengantar Teori Sastra.

Siti Fatimah. (2019). Telaah Religiusitas pada Novel Jangir Bali Karya Nur Sutan Iskandar.

Sudrajat, A. (2008). Din Al-Islam. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.†Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib.

Wartiningsih, A. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERCERMIN DALAM NOVEL PANGGIL AKU KARTINI SAJAKARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.26418/jvip.v6i3.9026

Yuniati, I., Hakim, M., Manjato, A., Sarkati, S., & Imelda, R. (2019). ANALISIS NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL MURNI. Jurnal Lateralisasi, 7(2), 17–27. https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v7i2.561