Asesmen Pembelajaran Daring Teks Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Cita Raras Nindya Pangesti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sufanti Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan 1) persiapan asesmen pembelajaran daring teks puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19, 2) pelaksanaan asesmen pembelajaran teks puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19,, 3) kendala dalam penerapan asesmen pembelajaran Daring pada masa pandemi Covid-19,. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persiapan yang dilakukan guru dalam asesmen pembelajaran puisi dimulai dengan telaah terhadap kurikulum, merumuskan tujuan instruksional, menetapkan bentuk evaluasi, penulisan soal dan merencanakan pembuatan rubrik penilaian. Tahap pelaksanaan dalam asesmen pembelajaran teks puisi dilaksanakan menggunakan penilaian tes dan non tes. Penilaian tes dilaksanakan untuk mengukur aspek pengetahuan siswa yang berkaitan dengan struktur pembangun puisi. Sedangkan penilaian non tes dilaksanakan untuk mengukur aspek keterampilan siswa yaitu melalui penilaian unjuk kerja pembacaan puisi. Penilaian non tes ini dilaksanakan melaui pemanfaatan kamera video dalam  smart phone  yaitu video pembacaan puisi yang dikirim lewat aplikasi whatsapp. Kendala dalam penerapan asesmen pembelajaran puisi di masa pandemi ini adalah pengelolaan waktu, masalah sarana prasarana serta ketersediaan jaringan internet, siswa yang tidak fokus, dan aliran listrik yang sering padam.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-19

How to Cite

Pangesti, C. R. N., & Sufanti, M. (2021). Asesmen Pembelajaran Daring Teks Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/11707

Issue

Section

Vol. 10, No. 2 Desember 2020, Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra