PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA UANG ELEKTRONIK GO-PAY DI KOTA JAMBI

Authors

  • Mutiara Gusdi Sinarmas Forestry Group PT. Wirakarya Sakti

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.18367

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh experiential marketing dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pengguna uang elektronik Go-Pay di Kota Jambi. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 96 orang responden, yang dipilih melalui teknik accidental sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner untuk kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil analisis statistik membuktikan bahwa experiential marketing dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap upaya manajemen perusahaan atau penyedia uang elektronik Go-Pay dalam merumuskan strategi experiential marketing agar lebih memperhatikan kemampuan uang elektronik dalam meningkatkan rasa bangga penggunanya, serta mengevaluasi kembali fitur permainan dalam sistem aplikasi Go-Pay agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. 2007. Mengenai Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Amir Nasermoadeli, Kwek Ling & Farshad Maghnati. 2013. Evaluating the impact of Customer Experience on Purchasing Intention. International Journal of Business and Management. Vol. 8 (6), ISSN :18333850

Andreas Fadly Wahyu Wicaksono dan Dyah Rini Prihastuti. 2017. Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Coffee Shop. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol. 2 (1):285-302

Berliana,M. dan Zulestiana, D.A. 2020. Pengaruh E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction dan Loyalty pada Pengguna Gopay di Indonesia. Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, Vol. 4 (2):11-17

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Donald J. Shemwell, Ugur Yavas, Zeynep Bilgin. 1998. Customer-service provider relationships: an empirical test of a model of service quality, satisfaction and relationship-oriented outcomes. International Journal of Service Industry management, Vol. 9. Issue2. Page 155-168

Hamzah, A. 2007. Analisis Experiential Marketing, Emotional Branding, dan Brand Trust terhadap Loyalitas Merek Mentari. Manajemen Usahawan Indonesia. Vol. 36 (6):22-28

Handal, Nehemia S. 2010. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas. Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro

Kartajaya, H. 2004. Hermawan Kartajaya on Brand. Bandung: Mizan Pustaka

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta. Penerbit Erlangga

Laksana, F. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Lovelock, Christopher H. dan Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan II. Indeks. Jakarta

Maskun, L., Agus S. Soegoto, dan Rotinsulu J. Jorie. 2018. Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan pada Steiner Salon Manado. Jurnal EMBA, Vol 6 (3): 1268 – 1277

Merdiani, W. 2015. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Value serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan (Suatu Survei Pada Pengunjung Congo Café & Resto Bandung). Bandung: Universitas Pasundan

Panambunan, J.C., Willem J.F.A Tumbuan, dan Bode Lumanauw. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan, Pengalaman Pemasaran, dan Psikologi Pemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Hasjrat Abadi. Jurnal EMBA, Vol. 6 (4): 3823 – 3832

Prasevie, S.F. dan Razak, I. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 6 (2)

Rianti, O. 2017. Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 6 (8)

Risdwiyanto, A. dan Saputra, S.G. 2016. Peran Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kualitas Persepsi terhadap Kepuasan Pelanggan: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Maksipreneur, Vol. 5 (2):1-14

Rizkidewi, S. 2018. Analisis User Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Penggunaan Aplikasi Paytren Di Jabodetabek. Institusi Pertanian Bogor

Sangian, L.M. 2015. Analisis pada Nilai Pelanggan dan CRM Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di Toko Trio Taylor Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol. 3 No. 3: 268-285

Schmitt, B.H. 1999. Experiential Marketing: How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. New York: Free Press.

Silalahi, R., & Paramedia, D. P. 2018. Analisis Faktor Keberhasilan Fintech Payment Dengan Menggunakan Model Delone Dan Mclean

Soli Noni Cecilia Sinaga, Muchsin Saggaf Shihab, dan Krisfarah Syarfuan. 2013. Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Cinema XXI Imax Gandaria City, Jakarta). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 11 (3): 245-262

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sunanto dan Istiharini. 2014. Perilaku Berbelanja Fashion Tradisional Indonesia: Antecedents dan Konsekuensi dari Involvement Konsumen (Studi Pada Tenun Songket Palembang)

Suyanto, A.M.A dan Yurdatila, F. 2013. Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Breadtalk Mall Kelapa Gading 3, Jakarta. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis. Vol. 4 (2)

Sweeney, J.C., Soutar, G.N., & Johnson, L. W. 1998. Consumer perceived value: Development of a multiple item scale, American Marketing Association Conference Proceedings, 9, 138

Tjiptono, F. 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publisshing.

Vanessa, G. 2007. Customer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Gusdi, M. . (2022). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA UANG ELEKTRONIK GO-PAY DI KOTA JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(04), 933-946. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.18367