PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DI KOTA JAMBI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Motivasi belajar merupakan kekuatan yang dapat menjadi tenaga pendorong bagi siswa untuk mendayagunakan potensi dalam dan luar dirinya untuk mewujudkan tujuan belajar. Salah satu cara yang dapat dipergunakan adalah dengan pengadaan layanan informasi. Tujuan penelitian ini adalah: mengungkapkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP di Kota Jambi sebelum diberikan layanan informasi, mengungkapkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP di Kota Jambi setelah diberikan layanan informasi, dan mengungkapkan pengaruh layanan informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP di Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan pretest and post-test. Data yang telah didapat kemudian dikumpulkan melalui pretest dan post-test, kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji t dengan bantuan SPSS versi 20. Temuan dari penelitian ini adalah: nilai pre-test kelas eksperimen, rata-rata keseluruhan sekitar 50,82% siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada kategori rendah dan sedangkan nilai post-test, sekitar 71,58% secara rata-rata keseluruhan siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada kategori sangat tinggi terdapat selisih 20,76%, nilai pre-test kelas kontrol sebesar 51,01% siswa berada pada kategori rendah sedangkan nilai post-test,sekitar 65,85% siswa yang memiliki motivasi belajar berada pada kategori sangat bagus selisih sekitar 14,84%, dandisimpulkan berdasarkan data maka dapat diartikan motivasi belajar meningkat setelah diberikan perlakuan berupa layanan informasi
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT.Rajagrafindo Persada.
Daryanto & Farid. 2015. Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yokyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Djamarah & Zain. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fina Melati. (2011). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Permainan Pada Siswa Kelas VII RSBI di SMP Negeri 3 Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. FIP. UNES
Josnah. (2004). Hubungan Antara Pelaksanaan Layanan Informasi Bidang Bimbingan Belajar Siswa SLTP Negeri 36 Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004. Skripsi. FIP. UNES.
Mudjiono dan Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil. Depok: Rajawali Pers.
Prayitno. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Prayitno dan Amti Erman. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sigit Hariyadi. (2011). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Dukungan Tampilan Kepustakaan Berbasis TIK di SMA N 2 Ungaran Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. FIP. UNES.
Siregar, Sofyan. (2014). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia group.
Sutja, Akmal. 2017. Penulisan Skripsi. Yokyakarta: Writing Revolution.
Syah, muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Uno, Hamzah B. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiyanto, Mikha Agus. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Yamin, H. Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.