HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI

Isi Artikel Utama

Tutik Haryati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengungkapkan kualitas komunikasi interperonal siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi 2). Mengungkapkan kualitas penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi 3).Mengungkapkan hubungan antara komunikai interpersonal dengan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi.Jenis penelitian yang dilakukan peneliti tergolong korelasional.Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.populasi dalam penelitian ini adalah komunikasi interpresonal dan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling.Formula ini digunakan untuk menguji dan mengungkapkan kualitas dari komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri pada siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi, maka data dari jawaban angket siswa yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik persentase.Berdasarkan analisis persentase yang telah dilakukan pada masing-masing variabel penelitian, maka diketahui bahwa komunikasi interpersonal siswa dengan nilai bobot yang diperoleh adalah sebesar 1398 dan besarnya nilai persentase ratarata yang diperoleh adalah 75,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas komunikasi interpersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi berada pada kualitas yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Haryati, T. (2022). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. Jurnal Kopendik, 1(1). https://doi.org/10.22437/kopendik.v1i1.17567
Bagian
Articles

Referensi

Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. PT. Rafika Aditama: Bandung.

Agustina, H. (2013). Penyesuaian Diri Remaja Di Sekolah. [Online] Tersedia: https://lyaagustina.wordpress.com. Akses : 7 Oktober 2015.

Ali, M & Asrori, M. (2011). Psikologi Remaja-Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Akasara.

Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. (ed.rev). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik).CV. Pustaka Setia: Bandung.

Gunarsa, Singgih. D. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: BPK. Gunung Mulia.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi (ed.rev). Bandung: PT. Remaja Rosdakary.

Rozaq, F. (2012). Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif Di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Sunarto & Hartono. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta. Jakarta

Sutja. A, Dkk. (2017). Penulisan skripsi. Untuk Program studi bimbingan dan konseling. Yogyakarta. Wahana Resolusi.

Vitalaya, A. (2003). Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Willis, S,S. (2013). Psikologi Pendidikan. Alfabeta: Bandung.