PERBEDAAN SIKAP SOSIAL SISWA ANTARA YANG BERTEMPAT TINGGAL DI KOMPLEK POLRI DAN DIPERKAMPUNGAN DI SMP NEGERI 2 MUARA BUNGO

Isi Artikel Utama

Anne Mawidia Putri

Abstrak

Lingkungan tempat mempengaruhi pembentukan sikap seorang siswa. Kebiasaan dan kebudayaan dari masing-masing tempat tinggal tersebut berbeda, sehingga memungkinkan perbedaan karakteristik dari siswa yang tinggal di tempat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan sikap siswa yang berasal dari lingkungan komplek Polri dan di perkampungan pada siswa SMP Negeri 2 Muaro Bungo dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa. Teknik pengambilan data dengan angket. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif,uji coba instrumen, uji T dengan bantuan SPSS 15. Hasil penelitian dari uji t diperoleh  thitung yaitu  5.839 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 0.05 adalah sebesar 1.684, maka thitung > ttabel (5.839 > 1.684) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang tinggal di komplek Polri dengan siswa yang tinggal di perkampungan. Hasil penelitian ini pada kegiatan bimbingan dan konseling dapat menjadi acuan untuk membantu siswa memperoleh sikap yang baik dan tidak membedakan antara siswa satu dengan yang lainnya sehngga dapat menunjang hasil belajar yang optimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri, A. M. (2022). PERBEDAAN SIKAP SOSIAL SISWA ANTARA YANG BERTEMPAT TINGGAL DI KOMPLEK POLRI DAN DIPERKAMPUNGAN DI SMP NEGERI 2 MUARA BUNGO. Jurnal Kopendik, 1(1). https://doi.org/10.22437/kopendik.v1i1.17566
Bagian
Articles

Referensi

Ali, M.dan Asrori, M. 2004. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi aksara.

Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama. di akses pada tanggal 16 Januari 2013, dari http://rizcafitria.wordpress.com/2011/04/30/sikap-belajar-peserta-didik/

Iqbal, Hasan. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara.

Mar’at, S dan Kartono,L,I. 2006. Perilaku Manusia. Bandung: Rapika Aditama.

Suharsini, Arikunto. 1996. ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsini, Arikunto. (1998). ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutja. A, dkk. 2010. Panduan penulisan Skripsi. Program Ekstensi Bimbingan dan Konseling. Jambi : FKIP Universitas Jambi.

Tim Dosen FIP-IKIP Malang. 1987. Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Walgito, Bimo. 2002. Psikologi Sosial. Jogyakarta: Andi.

Yusuf, Samsu. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan remaja.