ANALYSIS OF COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TECHNIQUES IN COUNSELING

Main Article Content

Tiara Maiza Dianti
Yeni Karneli
Mudjiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik-teknik dari teori cognitive behavior therapy yang dipakai dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Sehingga dapat menjadi panduan bagi guru BK/Konselor dalam melaksanakan baik konseling individual maupun bimbingan dan konseling kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy dengan teknik-teknik CBT yang terbukti ampuh mengatasi berbagai permasalah siswa di sekolah. Metode penelitian  ialah kajian  pustaka  dimana data di peroleh dari berbagai sumber referensi seperti artikel, buku-buku sumber, dan dokumen pendukung lainnya. Pemahaman yang baik akan pemanfaatan teknik-teknik CBT dalam konseling dapat menambah wawasan para guru bimbingan dan konseling dalam menguasai dan menerapkan teknik-teknik cognitive behavior therapy dalam praktek konseling.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maiza Dianti, T., Karneli, Y., & Mudjiran. (2024). ANALYSIS OF COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TECHNIQUES IN COUNSELING. Jurnal Ilmiah Konseling Pendidikan, 3(1), 29-39. https://doi.org/10.22437/kopendik.v3i1.31516
Section
Articles

References

Aini, D. K. (2019). Penerapan cognitive behaviour therapy dalam mengembangkan kepribadian remaja di panti asuhan. Jurnal ilmu dakwah, 39(1), 70-90.

Alvira, A. (2021). Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Kecemasan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Anwar, M. K., Haq, M. I., Salma, D., & Wang, Z. (2022). Addressing Public Speaking Anxiety in Multicultural Counselling: The Use of Cognitive-Behavioural Therapy for International Students. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 7(2), 52-61.

Corey. (2010). Theory & Practice of Group Counseling. Eighth Edition. Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia - www.onlinedoctranslator.com. In Field Experiments on Bioelectricity Production from Lake Sediment Using Microbial Fuel Cell Technology (8th ed.). California: Brooks/Cole Cengange Learning.

Corey, G. (2015). Theory and Practice of Counseling and Psychotheraphy, Eighth Edition. In Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis (Vol. 53).

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Emalia, F. H., & Nilasari, P. (2021). Pengaruh Electronic Health Terhadap Penurunan Tingkat Depresi Postpartum: Tinjauan Sistematis. Jurnal Ilmu Keperawatan Maternitas, 4(2), 16-29.

Jannah, M. (2020). Cognitive behavior therapy dalam menurunkan perilaku agresif remaja Dusun Batungulik Desa Jago Kecamatan Praya (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Luhtitianti, U. A. (2022). Teknologi dan Masyarakat: Perspektif Makro Sosiologi Ibn Khaldun.

Muqoddimah, M. (2020). Layanan Konseling Individu dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Norhisam, N. B. (2018). Perbedaan Teknik Konseling Cognitive Behavior Therapy dengan Konseling Islam dalam Penanganan Sifat Sombong (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Nurrohmah, I. I. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Cbt dengan Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Rahmawati, A., & Imanti, V. (2023). Teknik Behavioral Rehearsal Untuk Menurunkan Kecemasan Interaksi Sosial Pada Remaja Di Panti Asuhan Keluarga Yatim Aisyiyah Bekonang (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).

Seprianto, S., & Kardina, N. (2023). Pengembangan Keterampilan Sosial dan Kerjasama Siswa melalui Layanan Bimbingan dan Konseling: Pendekatan Cognitive-Behavioral Therapy (Studi Kasus Di SMP IT ANNIDA). Tazkirah, 8(2), 127-136.

Tajiri, H., & Ag, M. (2012). Model konseling kognitif-perilaku untuk meningkatkan kemampuan kontrol diri perilaku seksual remaja (studi terhadap siswa MAN Ciparay dan MAS Al-Mukhlisin Bojongsoang Kabupaten Bandung). Penelit Bimbing dan Konseling UIN Sunan Gunung Jati Bandung, hal. 0–33.

Tambunan, S. (2019). Bimbingan Konseling Terhadap Korban Phedofilia Upaya Meningkatkan Perilaku Adaptif Anak Autisme Melalui Teknik Behavioral Rehearsal. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 291-310