DIAGNOSIS OF SKILLS TO OVERCOME LEARNING BORING AT SMP NEGERI 22 PALEMBANG

Authors

  • Yurida Ajmalia Universitas Sriwijaya
  • Salsyadila Dwi Ramadhani Universitas Sriwijaya
  • Annisa Putri Nabila Universitas Sriwijaya
  • Marsha Jihan Alisah Universitas Sriwijaya
  • Silvia AR Universitas Sriwijaya
  • Khadijah Lubis Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.22437/kopendik.v1i1.33646

Keywords:

Kejenuhan belajar, motivasi, metode pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kejenuhan belajar pada siswa kelas VIII.I di SMP Negeri 22 Palembang dan mengidentifikasi strategi efektif untuk mengatasinya. Sebanyak 33 siswa mengerjakan kuesioner yang telah dibuat oleh penulis, yang hasilnya menunjukkan bahwa kejenuhan belajar dapat dikategorikan menjadi tiga tingkat: rendah (21,21%), sedang (54,55%), dan tinggi (24,24%). Faktor penyebab kejenuhan antara lain metode pengajaran yang tidak bervariasi, materi pelajaran yang kurang menarik, dan lingkungan belajar yang tidak mendukung. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif untuk mengurangi kejenuhan belajar. Dengan memahami tingkat kejenuhan dan faktor penyebabnya, sekolah dapat merancang intervensi yang lebih tepat guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil akademik siswa.

Downloads

References

Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar pada siswa dan usaha guru BK untuk mengatasinya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).

Aryani, D. S., & Hartono, R. K. (2024). Hubungan Tingkat Stres Akademik Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Yang Kuliah Sambil Bekerja Di Universitas Indonesia Maju Tahun 2023. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1540-1553.

Efrianti, M. (2021). Gambaran stres akademik pada mahasiswa dalam belajar online (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Fotriani, M., Yusra, A., & Gutji, N. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 1441-1452.

Imami, A., Karamoy, Y. K., & Budiono, A. N. (2024). Efeketivitas Konseling Individu dalam Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 7(1), 28-36.

Ismanto, H. S. (2024). Faktor Determinan Penyebab Kejenuhan Belajar pada Siswa. Jurnal Psikoedukasia, 1(3), 495-507.

Khoirunnisa, A., & Uyun, M. (2024). Kejenuhan dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 7(2), 29-37.

Kusumawati, (2017). Korelasi antara minat belajar dengan kesulitan belajar siswa/siswi kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari babadan ponorogo tahun pelajaran 2016/2017. (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Nurdianti, R., Fajar, R. N., & Hannan. (2016). Stop Bullying untuk Meningkatkan School Well-Being. Semarang: Laporan PKM Penelitian Sosial Humaniora.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Putra, L. D., Thasia, A., Istinawaro, N., & Ulayya, N. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Digital Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa. Kappa Journal, 7(2), 319-325.

Rozzaqyah, F. (2021). Hubungan kejenuhan belajar dalam jaringan dengan prokrastinasi akademik. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 8(1), 8-17.

Shu-Hui Liu, Y.-C. H. (2020). Investigating the Relationships. Active Learning in Higher Education, 13(3).

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Ajmalia, Y., Dwi Ramadhani, S., Putri Nabila, A., Jihan Alisah, M., AR, S., & Lubis, K. (2025). DIAGNOSIS OF SKILLS TO OVERCOME LEARNING BORING AT SMP NEGERI 22 PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Konseling Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22437/kopendik.v1i1.33646

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)