HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KETERAMPILAN PENULISAN RESEP PADAMAHASISWA TAHAP PERSIAPAN PROFESI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI

Authors

  • Amelia Dwi Fitri
  • Nyimas Natasha Ayu Safira

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmj.v9i3.15669

Abstract

ABSTRACT

Background: The recipe is the competence of doctors in health services, which means that doctors are obliged to master the method of writing good and correct prescribing. Good and correct prescriptions have a big role in therapy and treatment and patient health. Recipe writing skills must be done independently and thoroughly in accordance with SKDI 2012 which states that prescription writing is one of the competencies that must be achieved by doctor graduates. Prescription writing skills have a 4A level of competence. So it must begin to be trained before becoming a doctor to reduce errors in prescribing. Objectives: This study aims to determine the relationship between the knowledge of the 4th year medical student of Jambi University.

Method: This is an analytical study using a cross sectional approach. This study involved 96 students who filled out two questionnaires, namely a knowledge questionnaire about recipes and validated prescription writing skills

Results: The results of univariate analysis of 60 respondents (62.9%) had good knowledge, 23 respondents (23.7%) had sufficient knowledge, and 13 respondents (13.4%) had insufficient knowledge. At prescription writing, respondents who are skilled in prescription writing are 55 respondents (56.7%), and respondents who are not skilled in prescribing 41 respondents (43.3%). There is a meaningful correlation between knowledge of good and correct prescription writing skills in the 4th year medical students of Jambi University with a P-value = 0.046 (P <0.05).

Conclusion: There was a significant relationship between knowledge and prescription writing skills in the 4th year Medical Students of Jambi University.

 

Keywords: Medical students, Knowledge, Prescribing.

 

ABSTRAK

Latar Belakang: Resep adalah kompetensi dari dokter dalam pelayanan kesehatan yang berarti bahwa dokter wajib untuk menguasai cara penulisan resep yang baik dan benar. Peresepan yang baik dan benar memiliki peran yang besar dalam terapi dan pengobatan dan kesehatan pasien. Keterampilan menulis resep harus dilakukan dengan mandiri dan tuntas sesuai dengan SKDI 2012 yang menuliskan bahwa penulisan resep sebagai salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh lulusan dokter. Keterampilan menulis resep mempunyai level kompetensi 4A. Sehingga harus mulai dilatih sebelum menjadi dokter untuk mengurangi kesalahan dalam menulis resep.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan mahasiswa tahun ke-3 Program Studi Kedokteran Universitas Jambi terhadap penulisan resep yang baik dan benar.

Metode: Penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 96 mahasiswa yang mengisi dua buah kuesioner yaitu kuisioner pengetahuan tentang resep dan keterampilan penulisan resep yang telah divalidasi.

Hasil: Hasil analisis univariat sebanyak 60 responden (62,9%) memiliki pengetahuan baik, 23 responden (23,7%) memiliki pengetahuan cukup, dan 13 responden (13,4 %) memiliki pengetahuan kurang. Pada penulisan resep , responden yang terampil dalam penulisan resep 55 responden (56,7%), dan responden yang tidak terampil dalam penulisan resep 41 responden (43,3%). Terdapat hubungan antara pengetahuan terhadap keterampilan penulisan resep yang baik dan benar pada mahasiswa tahun ke-4 Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi dengan diperoleh nilai P=0,046 (P<0,05).

Kesimpulan: Ada hubungan bermakna antara pengetahuan terhadap penulisan resep yang baik dan benar pada mahasiswa tahun ke-4 Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi.

 

Kata kunci: Mahasiswa Kedokteran, Pengetahuan, Penulisan Resep.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Fitri, A. D. ., & Safira, N. N. A. (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KETERAMPILAN PENULISAN RESEP PADAMAHASISWA TAHAP PERSIAPAN PROFESI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. Jambi Medical Journal : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 9(3), 247-253. https://doi.org/10.22437/jmj.v9i3.15669

Most read articles by the same author(s)