Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 139/III Lempur Mudik

Authors

  • Shobrina Fitri Universitas Merangin
  • Ferinaldi Universitas Merangin
  • Andri Yani Universitas Merangin

Keywords:

motivasi belajar, Model PBL, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 139/III Lempur Mudik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan observasi awal, motivasi belajar siswa rendah yang terlihat dari kurangnya ketekunan, minat belajar, serta keterlibatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 14 siswa sebagai subjek penelitian. Proses pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus dengan beberapa tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa, yang tercermin dari hasil angket dan observasi. Pada siklus pertama, rata-rata motivasi siswa mencapai 66,07%, dan meningkat hingga 82,85% pada siklus kedua dengan kategori tinggi. Model PBL terbukti mampu meningkatkan ketertarikan siswa, mendorong keterlibatan aktif, serta membangun sikap percaya diri dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni. T. (2006). Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gresindo.

Annurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arends, R. I. (2013). Belajar untuk mengajar, Learning to Teach. Edisi 9 Buku 2. Penerjemah: Made Frida Yulia. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati, M. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dwita, K.D., Anggraeni, A.I., & Haryadi. (2018). Pengaruh Home Visit Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal. Universitas Soedirman Purwokerto.

Gunarsa, (2004). Konsep dan makna Pembelajaran.Bandung:Alfabeta

Hamzah, (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Malik. A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Audio Visual Di Kelas V SD Negeri 105/ Kota Jambi. Tesis. Universitas Jambi.

Najma, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIN 3 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Ngalimun, (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta. Aswaja Pressindo Lidinillah.

Oxtaviani, R. (2016). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Instruction Pada Siswa Kelas IVA SD Negeri 34 / 1 Teratai. Tesis, Universitas Jambi.

Purwanto, A. (2007). Metodologi Penelitian Kuantitatif: untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, S, R. (2013). Panduan Pendidikan Berbasis Bakat Siswa. Jogjakarta: Diva Pers.

Koven, L. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Alam Sekitar Menggunakan LKS Termodifikasi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDS 02 Gula Putih Mataram Lampung Tengah. Skripsi. Universitas Lampung.

Rusman, (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Sardiman, (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Selameto, (2010). Minat Membaca Siswa. Jakarta: Balai Pustaka

Semiawan, (2009). Penerapan pembelajaran pada anak. Indonesia: Jaya Cemerlang.

Sugiyono, (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Metro.

Trianto, (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta. Prenadamedia Group.

Uno, Hamzah B. (2007). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B., Lamatenggo, N., &Satria. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wagimin. (2019). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Pemecahan Masalah pada Materi Pecahan. Tesis. Universitas Jambi.

Wardhani,dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta. GP Press Group

Yusuf. S. (2009). Program bimbingan & konseling di sekolah. Rizqi Press: Bandung.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Fitri, S., Ferinaldi, & Yani, A. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 139/III Lempur Mudik. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(2). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/40484

Issue

Section

Articles