Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Dina Melda Sari Universitas Terbuka
  • Shina Mulya Cahyana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UPBJJ Sarolangun FKIP Universitas Terbuka, Sarolanggon, Indonesia
  • Risa Marhamah Putri Universitas Terbuka
  • Hasrudi Adinata Universitas Terbuka

Keywords:

kemampuan membaca, media permainan bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penerapan media permainan bahasa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa melalui media permainan bahasa dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SDN 112 Pulau Pandan II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan angka persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 53% dan mencapai angka 82% pada akhir siklus II. Total peningkatan ketuntasan adalah sebesar 42%. Hasil capaian rata-rata pada tahap siklus 1 sebesar 69 meningkat menjadi 78 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. (2022). Mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I SD. Jurnal Pedagogik, 8(4), 110-118.

Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 917-929.

Dayan. (2009). Karakteristik siswa usia Sekolah Dasar dan penerapan permainan dalam pembelajaran. Derap Guru Bulletin, 29.

Hidayat, S. (2020). Pengembangan keterampilan membaca pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 14(1), 78-85.

Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75-80. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.381

Iis Setiofani. (2023). Penggunaan teknik permainan menyusun kata untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Inpres Cambaya 1 Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(2), 123-135.

Isjoni. (2009). Cooperatif Lerning. Bandung: Alfabeta.

Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1998). Perencanaan Penelitian Tindakan. Universitas Deakin.

Mahmud, R. (2020). Literasi membaca dan menulis di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 95-103.

Moleong, L.J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, T. (2020). Peran literasi membaca dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 45-52.

Prabowo, S. (2023). Pembelajaran membaca dengan teknik permainan di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 80-88.

Rini, A. (2005). Exellent English Games. Jakarta: Kesaint Blanc.

Semi, A. (1993). Rancangan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa.

Setyawan, P. (2021). Pengembangan teknik pembelajaran membaca yang menyenangkan di kelas rendah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 66-73.

Slamet, St. Y & Suwarto. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Slavin. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Soejono. (1975). Petunjuk Membaca Menulis Permulaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyanto.(2008). Model-model Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Sukarno, D. (2021). Pengajaran membaca permulaan di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 60-70.

Sulaiman, M. (2021). Pembelajaran membaca permulaan untuk siswa kelas I. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 75-83.

Sunardi. (1997). Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar. Surakarta: UNS.

Taufik, H. (2022). Teknik permainan dalam pembelajaran membaca anak SD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 55-62.

Tri Astutik, D., Kuntarto, E., & Hayati, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Usman, M. (2020). Meningkatkan kemampuan membaca melalui teknik cooperative learning. Jurnal Pembelajaran Efektif, 8(1), 90-98.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Melda Sari, D. ., Mulya Cahyana, S. ., Marhamah Putri, R. ., & Adinata, H. . (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(1), 83-98. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/40063

Issue

Section

Articles