Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN 64/IV Kota Jambi sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i2.38693Keywords:
Implementasi, kearifan lokal, pancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD N 64/IV Kota Jambi sebagai fondasi pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memaparkan data hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara dan observasi dengan informan yaitu guru kelas IV. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SD N 64/IV Kota Jambi sebagai fondasi pendidikan Indonesia menggunakan berbasis proyek melalui tema kearifan lokal yang diimplementasikan dalam bentuk tarian kreasi daerah jambi. Ada empat tahapan yang dilakukan diantaranya tahap pengenalan, tahap kontekstualisasi, tahap aksi, serta tahap refleksi dan tindak lanjut. Namun dalam kegiatan implementasi ini tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambatnya.
Downloads
References
Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, M. A., Khomaria, A., Restiani, U., Azizah, K. S., Aswitama, L. D., Allatif, N., Susanti, Y., & Umah, N. B. (2023). Penguatan Karakter Gotong Royong Profil Pelajar Pancasila Melalui Service Learning Di Tpq Mambaul Huda Kedawung Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1).
A, M. ., Pasirah, E. ., & Dwi Nadya, E. . (2024). Peningkatan Semangat Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Media Papan Pintar Pancasila Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(2), 176-187.
Dalia, A. Darlianti, E., Haeriah, Y., Mardiana, C. 2024. Implementasi P5 pada Sekolah Ikm Kategori Mandiri Berubah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 9(1).
Fadhilah, M. N., Fawaid, A., Aflahah, A., Sutrisno, T., Sufiyanto, M. I., Zahrah, F., Lestari, L., Fausi, Moh., & Nada, Z. Q. (2023). Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Berbasis Profetik Di Sdn Bugih 5 Pamekasan. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7).
Handoko, B., Mustadi, A., & Febrilia, Y. 2024. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SD Negeri 1 Bantul. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5).
Hasanah, N. (2022). Manajemen Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Media Edukasi.
Kemendikbud. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kiska, N., Putri, C., Joydiana, M., Oktarizka, D., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179-4188.
Maruti, E.S., Malawi, I.,Hanif, M.,Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, Moh. .2023. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada jenjang sekolah dasar. Abdimas Mandalika, 2(2).
Maharani, I. A., & Arinda Putri, P. 2023. Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Mei : Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2).
Maulida, H. 2023. Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka. Prosiding National Conference for UMMAH, 2(1).
Muktamar, A., Yusri, H., Amirulla, Amalia, B.R., Esse, I., dan Ramadhani, S. 2024. Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2).
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nevrita, N. (2023). Analysis of Maritime Content in the Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students (P-5) as an Educational Media in Getting to Know the Culture of Coastal Communities at SMP Negeri 19 Bintan (Activist School Batch 2). BIO Web of Conferences, 79.
Rahman, A. (2022). Evaluasi Implementasi P5 di Sekolah Dasar. Bandung: Edukasi Press.
Riyanto, S. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan Sekar Kandi, & Pancasila, P. P. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Setiawan, B. (2023). Pengaruh P5 terhadap Kesadaran Budaya Peserta Didik. Jakarta: Pustaka Bangsa.
Silvia, S. K. N., Suci, S. A. W., Suci, S. L., Pika, T. R. W., & Ukhty, U. N. (2024). Implementasi Nilai Religiusitas Dalam Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia Di SDN 181/IV Kota Jambi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(1), 34-45.
Sugiono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, T. (2021). Peran Guru dalam Kurikulum Berbasis Proyek. Yogyakarta: Pustaka Pendidikan.
Vandera, D., Enjelita, C., Romanda , E. ., Frimals, A., Saputra, B. ., Destrinelli, D., & Putra, S. (2024). Penghayatan Nilai Pancasila dan Kebinekaan dalam Menguatkan Identitas Manusia Indonesia di Sekolah Inklusi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(1), 24-33.
Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. 2024. Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ZAHRA ADE WAHYUNI, Tiara Putri Utami, Putri Indriyani, Uli Nabela, Yusuf Eka Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.