Pengembangan Vidio Animasi Pembelajaran Menggunakan Media Canva Pada Materi Lapisan Bumi di Kelas 5 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i1.38332Keywords:
Pengembangan, Vidio Animasi, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi lapisan bumi. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4D, yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan(develop),dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitiani ni bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancangan vidio animasi pembelajaran (2)Mendeskripsikan hasil validasi pengembangan vidio animasi,dan (3)Mengetaui ekfektifitas vidio animasi pembelajaran yang dikembangankan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara dan pengisian angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) evaluasi penggunaan media yang dilakukan oleh pakar media dan pakar material termasuk dalam klasifikasi yang sangat andal; 2) penerimaan dari peserta didik dan pendidik terhadap media pembelajaran yang baru dibuat sangat positif sehingga media dianggap sangat fungsional; 3) Tingkat dorongan pendidikan di antara kelas yang menggunakan media animasi (MA) melampaui kelas yang tidak menggunakan media animasi (TMA) pendidikan berbasis video animasi yang dibuat melalui model 4D telah terbukti valid, fungsional, dan efisien untuk tujuan pendidikan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 alya yulieta, Sukma Arum Sari, Karitka Mailani, Mutia Desma Natalia, Wulan Dari, Wulan Dari, Risdalina Risdalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.