Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Menggunakan Canva pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Kelas 3 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i1.38309Keywords:
Perkembangan, Video Animasi Canva, Energi PerubahanAbstract
Perkembangan teknologi sangat membantu pada proses pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengembangkan pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran berupa media pembelajaran yaitu video animasi melalui aplikasi canvaserta untuk mengetahui kelayakan dan validitas media yang dikembangkan dengan materi energi dan perubahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan video animasi pembelajaran dengan menggunakan canva ini secara kuantitatif dan kualitatif dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil penilaian validasi diolah sebanyak dua kali yang didasari dai hasil revisi. Hasil validator yang dilakukan oleh para ahli dimana dari ahli media memperoleh 89%, ahli bahasa memperoleh 80% dan ahli materi memperoleh 84%. Sedangkan dari angket respon peserta didik dimana memperoleh 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dimana menunjukkan bahwasanya video animasi pembelajaran berbasis Canva pada materi energy dan perubahannya layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang memberikan variasi dan inovasi pada pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi.
Downloads
References
Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., ... & Suseni, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0”. Tohar Media.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan media animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57-68.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi aksara.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Hayati, T. U. F. (2022). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 8-15.
Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni, T. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran.
Huda, A., Kom, S., Kom, M., Almasri, M. T., Azhar, N., Wulansari, R. E., ... & Firdaus, S. P. (2020). Media Animasi Digital Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill). Unp Press.
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran yang efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108-113.
Kiska, N. D. (2022). Pengembangan Materi Ajar Elektronik Berbasis Permainan Tradisional Pyuh Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional untuk Kelas IV Tema 4 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). Sabil, H., Asrial, A., Syahrial, S., Kiska, N. D., Saputri, J., Damayanti, L., ... & Silvia, N. (2021). Problem-Based Learning Model in Classroom Management with Scaffolding Techniques on Learning Outcomes and Student Independence. International Journal of Elementary Education, 5(4), 657-665.
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.
Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran matematika di smpn 1 na ix-x aek kota batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334.
Ramdani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi (Vol. 1). Rinda Fauzian.
Syahrial, S., Asrial, A., Kurniawan, D. A., & Kiska, N. D. (2021). Improving Environmental Care Characters Through E-Modules Based on Local Wisdom Mangrove Ecotourism. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 378-386.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Geby Chrilda Putri Abdi, Mutmainnah, Muhammad Angka Pratama, Cici Elizabeth Sitanggang, Nicky Tri Handayani, Risdalina Risdalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.