Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan TaRL Pada Siswa Kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1

Authors

  • Wintan Pareza Pareza Universitas Negeri Yogyakarta
  • Findy Ameilia Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia
  • Kesi Fitriana Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia
  • Nanik Suryani Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia
  • Hastuti Azis Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia
  • Jacky Mahendra Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia
  • Maria Melani Ika Susanti Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

penilain hasil belajar, Pendakatan TaRL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian hasil belajar menggunakan pendekatan TaRL pada siswa kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara bersama guru kelas, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 siswa kelas IV A SD Kanisius Demangan Baru 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian hasil belajar menggunakan pendekatan TaRL pada siswa kelas IV A SD Kanisius Demangan Baru 1 sangat berdampak positif. Hal tersebut ditunjukkan ketika siswa mengerjakan soal dengan kemampuan dan tingkat yang berbeda yakni tingkat 1 (tinggi), tingkat 2 (sedang) dan tingkat 3 (rendah). Adapun hasil belajar yang didapatkan siswa kelas IV A yakni 6 siswa mendapatkan nilai 100 (sangat baik), 3 siswa mendapatkan nilai 90 (baik), 3 siswa mendapatkan nilai 80 (cukup), 1 siswa mendaptkan nilai 75 (cukup), dan 6 siswa mendaptkan nilai 70 (sedang). Adapun nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 100. Rata-rata hasil belajar siswa kelas IV A adalah 82,89. Oleh karena itu, pendekatan TaRL sangat tepat diterapkan di kelas IV A. Karena siswa yang memiliki kemampuan rendah memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Pareza, W. P., Ameilia, F., Fitriana, K. ., Suryani, N. ., Azis, H. ., Mahendra, J., & Melani Ika Susanti, M. . (2024). Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan TaRL Pada Siswa Kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(1), 1-15. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/33175

Issue

Section

Articles