Penghayatan Nilai Pancasila dan Kebinekaan dalam Menguatkan Identitas Manusia Indonesia di Sekolah Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i1.31123Keywords:
pancasila, Identitas Manusia Indonesia, sekolah inklusiAbstract
Manusia Indonesia adalah manusia yang beragam yang menjadi salah satu identitas manusia Indonesia. Identitas manusia Indonesia tercerminkan dalam nilai-nilai Pancasila dan kebinekaan. Tak terkecuali dalam ekosistem sekolah, khususnya sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penghayatan nilai-nilai Pancasila dan Kebinekaan dalam menguatkan identitas manusia Indonesia di sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menganalisis dan mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di sekolah dan memberikan solusi berdasarkan referensi yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penghayatan nilai Pancasila dan Kebinekaan dalam menguatkan identitas manusia Indonesia dapat diterapkan dengan baik di sekolah inklusi. Guru dan peserta didik reguler maupun peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila memiliki peran yang baik dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dan Kebinekaan yang mencerminkan manusia Indonesia.
Downloads
References
Amiruddin, M. Z., Widihastrini, F., & Bektiningsih, K. (2021). Pelayanan Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Inklusi. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1223-1236.
Astuti, R. D. (2023). Simbol di SMA Negeri 10 Palembang Tentang Penghargaan Serta Penghayatan Terhadap Nilai-Nilai Pancasila dan Kebhinekatunggalikaan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 125-132.
Firdaus, A. R., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 184-191.
Ginting, S., & Siagian, Y. A. T. (2020). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dengan Karakter Siswa Di SMP Swasta HKBP Belawan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 2(1), 54-75.
Halim, A. (2019). Urgensi Mata Kuliah Umum Pendidikan Pancasila Dalam. Prosiding Seminar Nasionaln Universitas Lampung, 2.
Haluti, F., Ali, N., Jumahir, J., & Saleh, S. K. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Modernisasi. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 7(1), 211-216.
Minsih, M., Amalia, N., Slamet, P. H., Suparno, S., & Mujahid, I. (2019, April). Mapping of New Student Admission in Inclusive Education Learning at Al-Firdaus Elementary School Surakarta. In International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018) (pp. 24-28). Atlantis Press.
Permendiknas No.70 Tahun 2009
Rahma, M., dan Susanti, R. Meilinda. (2023). Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Multidisiplin. 1(1), 62-73.
Ramadanti, R. (2022). Penghayatan Nilai Kebhinekatunggalikaan dan Pancasila yang Diterapkan Di SMAN 10 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 1(1), 71-78.
Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269.
Saleh, M. (2022). Implementasi pendidikan karakter di sekolah inklusi. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 17(2), 101-108.
Udin, J., & Nawawi, E. (2023). Penghayatan Nilai Pancasila Dalam Menguatkan Karakter Dan Identitas Manusia Indonesia Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02), 150-161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dea Vandera, Chintia Enjelita, Ella Romanda , Aeron Frimals, Benny Saputra, Destrinelli Destrinelli, Sendi Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.