Peningkatan Proses Pembelajaran Seni Rupa Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas III A SDN 47 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i1.31062Keywords:
pembelajaran, seni rupa, project based learningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran seni rupa menggunakan model Project Based Learning di kelas III A SDN 47 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas III A SDN 47 Kota Jambi yang mana terdapat sebanyak 25 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil pengamatan perencanaan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 83,33% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata 81,24% (B), meningkat pada siklus II menjadi 91,67% (SB). Sedangkan aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 83,33% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Maka disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran seni rupa di kelas III A SDN 47 Kota Jambi.
Downloads
References
Abidin, Z., & Ijrah, S. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pada Peserta didik Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. JIPPSD : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 2(2): 21–29.
Alnedral. (2016). Strategi Pembelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: KENCANA.
Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Budaya. 12(1): 127–150.
Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 7(1): 171-182.
Daryanto, & Suryanto, B. 2022. Pembelajaran Abad 21 (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava Media.
Fathurrohman. 2015. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mutharik, M.A. (2022). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Secara Daring (Dalam Jaringan) Menggunakan Model Station Rotation Learning Pada Kelas V SDN 010/XI Pondok Agung. Journal of Basic Education Studies. 5(1).
Nisa, K., & Ain, S.Q. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Pada Pembelajaran Seni Rupa Untuk Menunjang Kreativitas Siswa Kelas IV A SDN 115 Pekanbaru. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research. 3(3): 3021-3028.
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. TARBAWI: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 4(1): 27-44.
Pratiwi, E.T. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu. 4(2): 228-521.
Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam. 14(2): 87-99.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Indonesia.
Susetya, B. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademis di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Jurnal Taman Cendekia. 1(2): 134-141.
Suyadi. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 1 Lais Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Conciencia. 14(1): 25-47.
Utami, W., Zen, D., & Madang, K. (2015). Analisis Kesesuaian Langkahlangkah Pembelajaran Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Biologi Dengan Pendekatan Saintifik di SMA Yang Telah Menerapkan Kurikulum 2013. Jurnal Pembelajaran Biologi. 2(1): 83-95.
Worowirastri, D., Wahyu, I., & Ika, D. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Kota Malang. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran. 4(1): 17-25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Aqua Mutharik, Melisa Putri, Annisa Firda Yulizha, Maya Arvioni, Marda Riana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.